Wakil Makassar Berjaya di Orasi Kemerdekaan HUT Ke-75 RI

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Guna menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Sulawesi Selatan mengadakan Lomba 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia bertema, "Nasionalisme di Masa Pandemi" secara daring.

Lomba yang bertujuan mengekspresikan semangat nasionalisme, menguatkan rasa cinta dan kebanggaan pada Tanah Air Indonesia serta untuk mewujudkan Indonesia Maju ini terdiri atas; Lomba Orasi Kemerdekaan dan Lomba Kreasi Konten Kemerdekaan.

Lomba 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia diikuti para peserta dari berbagai kota dan daerah di Indonesia, seperti; Indragiri Hilir (Riau), Jakarta Barat (DKI Jakarta), Surakarta dan Wonogiri (Jawa Tengah), Labuan Bajo (NTT), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), serta Bulukumba, Enrekang, Luwu Utara, Sinjai, dan kota Makassar (Sulawesi Selatan).

Setelah melewati tahapan pendaftaran, pengumpulan video dan penilaian Dewan Juri, maka puncak lomba berupa pengumuman hasil lomba dengan menggunakan aplikasi zoom diadakan pada Senin (31/08/2020) malam.

Dalam sambutannya Ketua Permabudhi Sulawesi Selatan Yonggris Lao mengatakan, lomba ini digelar agar masyarakat termotivasi membuat konten yang bagus yang dapat menyentuh hati orang sehingga mereka dapat melakukan perubahan dalam hidupnya.

Juga agar masyarakat tetap bersemangat di tengah pandemi Covid-19 sehingga akan menjadi kekuatan bersama untuk menghadapinya. Minimal untuk menjadi pahlawan pada saat ini dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Mari tumbuhkan dedikasi dan semangat untuk dapat bersama-sama mencintai dan membangun bangsa dan negara kita, " pesannya kepada peserta zoom.

Acara dilanjutkan pembacaan hasil lomba oleh Dewan Juri dari masing-masing lomba.

Juara Lomba Orasi Kemerdekaan, yaitu : Miguel Dharmadjie asal Makassar nomor peserta 9 dengan total 234 poin (Juara 1), Rusli Mallatong asal Bulukumba nomor peserta 2 dengan total 223 poin (Juara 2) dan Lisa asal Indragiri Hilir nomor peserta 10 dengan total 216 poin (Juara 3). Sedangkan Juara Favorit berdasarkan jumlah like terbanyak adalah Rusli Mallatong asal Bulukumba nomor peserta 2 dengan total 369 likes.

Sedangkan Juara Lomba Kreasi Konten Kemerdekaan, yaitu : Tyosan asal Surakarta nomor peserta 1 dengan total 254 poin (Juara 1), Manessani Production asal Bulukumba nomor peserta 7 dengan total 244 poin (Juara 2), Andi Saiful Rijal asal Sinjai nomor peserta 3 dengan total 241 poin. Sedangkan Juara Favorit berdasarkan jumlah like terbanyak adalah Rusli Mallatong asal Bulukumba nomor peserta 8 dengan total 410 likes.

Usai pengumuman hasil lomba, Juara 1 masing-masing lomba diberikan kesempatan untuk membagikan pengalamannya tentang konten orasi dan kreasi konten yang dibuatnya.

Foto bersama menutup seluruh rangkaian acara pengumuman lomba. (Miguel Dharmadjie/ril)