[CEK FAKTA] Soal Isu Warga Timor Leste Ingin Bergabung Kembali ke Indonesia

PIXABAY Bendera Timor Leste.

BONEPOS.COM - Kabar mengenai warga Timor Leste yang ingin kembali bergabung dengan Republik Indonesia (RI) viral di media sosial.

Tidak hanya itu, bahkan tagar negara #TimorLeste sempat masuk di jajaran trending Twitter Selasa, 2 September 2020 kemarin.

Seperti diketahui, Timor Leste sempat menjadi bagian dari Indonesia, sebelum mereka memutuskan untuk berpisah pada 20 Mei 2002 silam.

Hal itu tertulis dalam referendum yang dimotori Australia dan Portugal.

Berikut Fakta soal Timor Leste yang dikabarkan akan kembali bergabung ke Indonesia.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan tim Cek Fakta Bonepos.com, sejumlah artikel terkait Timor Leste diulas di sejumlah media, salah satunya pikiran-rakyat.com.

Pada situs berita tersebut, terungkap alasan mengapa warga Timor Leste hendak kembali bergabung dengan Indonesia, diduga karena faktor ekonomi.

Setelah 21 tahun Timor Leste berdiri sendiri sebagai negara merdeka, nampaknya tidak dapat makmur, Timor Leste malah terpuruk menjadi negara termiskin di dunia.

Berdasarkan laporan resmi Bank Dunia tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Timor Leste paling lambat dibanding dengan negara Asia Tenggara lainnya.

Sementara itu, United National Development Programme (UNDP), merilis bahwa Timor Leste berada di peringkat 152 negara sebagai negara termiskin di dunia dari 162 negara.

Kabar soal Timor Leste ini sempat mendapat tanggapan dari politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean.

"Timor Leste ini sebuah wilayah tak punya sumber daya alam memadai, tanah tak begitu subur bahkan kering. Inilah akibat dari nasionalisme sempit yg tak melihat realita akhirnya kesulitan. Secara pribadi sy mendukung Timor Leste kembali ke Indonesia," tulisnya dalam akun twitter pribadinya, @FerdinandHaean.

Tanggapan Ferdinand itu hingga kini telah disukai oleh 1400 orang hingga di retweet sebanyak 330 kali dan 282 komentar. (ril).