Dukung Swasembada Pangan, AAP Salurkan Bantuan Mesin Pertanian ke Maros

BONEPOS.COM, MAROS - Anggota DPR RI asal Sulawesi Selatan II, Andi Akmal Pasluddin (AAP) terjun langsung menyalurkan bantuan alat mesin pertanian kepada kelompok-kelompok tani di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Bantuan alat mesin pertanian yang diberikan berupa pompa air dan hand traktor.

Kegiatan ini dilakukan secara bersamaan di beberapa kecamatan dimana penyalurannya juga dibantu seluruh relawan AAP, yang tersebar di seluruh kabupaten Maros.

"Karena banyak titik, tidak semua lokasi saya hadir karena keterbatasan waktu. Yang penting dari inti tujuan terlaksana yakni bantuan alat mesin pertanian sampai kepada para petani untuk membantu meningkatkan hasil produksi pertanian," ucap Akmal.

Anggota Komisi IV DPR ini dalam penyaluran alsintan bekerjasama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) yang bermitra dengan komisi IV DPR.

Kementan secara rutin tiap tahun menyalurkan alsintan pada kelompok-kelompok tani yang belum pernah menerima bantuan. Sedangkan AAP sejak tahun 2014 telah aktif menyalurkan pada 9 kabupaten Sulawesi Selatan yakni Bulukumba, Sinjai, Bone, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Barru, Soppeng, Wajo, dan Kota Parepare.

Politikus PKS ini menyampaikan, meskipun sudah sembilan kabupaten yang terjangkau bantuan alsintan ini, namun pada skala yang lebih kecil hingga desa. Diakuinya masih banyak sekali yang belum dapat bantuan pada kelompok-kelompok tani. Sehingga ia akan terus melakukan kegiatan penyaluran alsintan ini selama ia berkesempatan menjalin komunikasi dengan pemerintah menyuarakan aspirasi masyakat untuk mendapat bantuan penunjang swasembada pangan ini.

"Saya melihat masih banyak yang memerlukan bantuan alsintan ini agar terjadi efektivitas dan efisiensi produksi pangan. Antrean kelompok tani masih panjang daftarnya, namun mesti sinkron dengan keterbatasan anggaran pemerintah dalam penyaluran bantuan ini.

AAP berharap ada keberlanjutan bantuan hingga menjangkau seluruh kelompok tani yang benar-bener bekerja berkontribusi pada sektor pangan.

Akmal dalam penyaluran bantuan alsintan ini, selain dibantu relawan yang ia bentuk secara mandiri, juga dibantu struktur Dewan Pengurus Daerah PKS kabupaten Maros. Ini dilakukan agar sumberdaya penyalur semakin lengkap dan banyak sehingga dapat cepat dan tepat tersalur. Bahkan Ketua pengurus Daerah PKS pun turut hadir menyaksikan bantuan alsintan ini disalurkan.

"Semoga bantuan-bantuan pemerintah seperti ini dapat disalurkan secara terus menerus untuk mewujudkan ketahanan pangan. InshaAllah bukan hanya alsintan, tapi bibit atau benih, pembinaan SDM dan berbagai permodalan. Masyarakat masih banyak yang memiliki semangat memproduksi produk pertanian, tetapi tidak memiliki infrastruktur yang memadai. Peran pemerintah akan semakin membantu memperbesar kapasitas produksi bila dilakukan secara merata di seluruh Indonesia," kunci Andi Akmal Pasluddin. (ril)