50 UMKM Mamin Ikut Pelatihan Kemasan Diskop UKM Sulsel

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Sebanyak 50 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) makanan dan minuman (mamin) di Makassar mengikuti workshop desain kemasan yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan yang bekerjasama dengan CV. Trio Pabeta Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, Senin-Rabu, 7 hingga 9 September 2020 bertempat di Aula Diskop UKM Sulsel Jl.AP. Pettarani lt.3. Kegiatan ini diikuti puluhan pengusaha kuliner atau makanan dan minuman.

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, H.Abd.Malik Faisal,. Pemb didampingi Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil, Zainuddin, Direktur Triopabeta, Salman Sahmad dan Koord.Konsultan PLUT, Bahrul ulum Ilham.

Narasumber kegiatan berasal dari Dekranasda Sulsel, Konsultan PLUT Sulsel, Konsultan Rumah Kemasan KUKM Center, praktisi branding serta Diskop UKM Sulsel.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, H.Abd.Malik Faisal mengatakan, saat ini banyak pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Sulsel yang jago membuat produk.

Tidak sedikit produk yang mereka hasilkan, lebih enak dan lebih baik dari produk perusahaan besar. Sayangnya, produk UMKM kadang dipandang sebelah mata hanya lantaran kemasannya yang kurang menarik.

"Kita harap pelatihan desain kemasan dapat meningkatkan daya saing produk UMKM. Sangat sayang apabila produk unggul UMKM kita tidak mampu menembus pasar hanya karena kemasannya tidak menarik atau kurang memberi informasi yang dibutuhkan pembeli," ujarnya.

Dalam kegiatan ini peserta tidak hanya belajar teori namun pelatihan juga mempraktekkan langsung materi yang mereka terima dari para narasumber, mulai dari konsep branding, teknik foto produk dan upload di sosial media serta kiat mengolah kemasan serta branding yang menarik. (rls)