Drama Vonis Kasus PAUD, Terdakwa Kembalikan Uang Negara, Segini Jumlahnya

BONEPOS.COM, BONE - Selasa siang (8/9/2020), akhirnya 3 terdakwa Kasus Korupsi Dana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjalani sidang pembacaan tuntutan (vonis) di Pengadilan Negeri Tipidkor Makassar.

Sebelum pembacaan putusan dua terdakwa yakni Ikhsan dan Sulastri mengembalikan uang hasil korupsi sebelum Majelis Hakim mengetuk palu.

Terdakwa Ikhsan mengembalikan sisa uang senilai Rp414.920.000 dari total kerugian negara sebesar Rp835 juta, sementara terdakwa Sulastri mengembalikan uang sebesar Rp395 juta sehingga total uang yang dikembalikan kedua terdakwa ke kas negara sejumlah Rp.809.920.000

Kuasa Hukum Ikhsan dan Sulastri, Firman Batari mengatakan, ini adalah keinginan kliennya untuk mengembalikan uang negara tersebut. Bukan karena mengaku bersalah melainkan karena taat pada hukum yang ada.

"Apa yang dilakukan klien saya ini membuktikan bahwa Ikhsan dan Sulastri taat hukum dan jika dilihat dari fakta persidangan sebenarnya mereka tidak bersalah," tutur Firman Batari.

Setelah mengembalikan uang hasil korupsi ke Kas Negara, Majelis hakim pun kemudian membacakan putusan kepada terdakwa Ikhsan dan Sulastri pidana selama 1 tahun 6 bulan kurungan denda Rp50 juta subsider 1 bulan.

Sementara Terdakwa Masdar dijatuhi hukuman 5 tahun penjara denda Rp50 juta subsider 1 bulan serta uang pengganti sebesar Rp 2.792.310.000 subsider 2 tahun penjara.

Setelah pembacaan tuntutan, Kuasa hukum terdakwa Masdar menyatakan banding di hadapan majelis hakim atas utusan tersebut. (her/ril)