Kasus Positif Covid-19 Melonjak, Gugus Kecamatan Aktif Kembali, Ini Perannya

BONEPOS.COM, BONE - Setelah melonjaknya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bone yang diketahui merupakan klaster lokal, Pemkab Bone langsung melakukan Rapat Koordinasi Forkopimda di Gedung PKK, Jalan A. Mappnyukki Selasa (8/9/2020).

Rakor Tersebut dipimpin langsung Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi dan dihadiri langsung semua unsur Forkopimda, Organisasi Perangakat Daerah (OPD) dan semua Camat se Kabupaten Bone.

Dalam pebahasan rakor tersebut Bupati Bone membahas mengenai evaluasi pelaksanaan percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Bone serta langka Antisipatif yang akan dilaksanakan oleh tim gugus tugas.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 drg Yusuf Tolo yang dikonfirmasi usai mengikuti Rakor tersebut mengatakan, hasil keputusannya adalah pengaktifan kembali tim gugus Kecamatan dan semua ASN atau Honorer yang menjadi kluster akan di rapid tes untuk mengantisipasi pasien yang terkena Covid-19.

"Dalam rapat tadi diminta kepada kita semua khususnya untuk Kecamatan agar semangat kembali giatkan gugus tugas yang ada di kecamatan, lalu kemudian mensosialisasikan perbun nomor 37 tentang kedisiplinan protokol kesehatan," kata drg Yusuf.

Selain itu, Rumah sakit kabupaten diharapkan juga menyiapkan Ruang perawatan,dan ruang publik harus melakukan protokol yang ketat.

Sementara Bupati Bone Andi Fahsar M. Padjalangi yang dikonfirmasi terkait penutupan sementara kantor Dinas Penegendalaian Penduduk dan Keluarga Berencana pasca adanya sejumlah ASN yang terkonfirmasi positif mengatakan akan kembali membukanya jika sudah ada yang bisa melayani.

"Kita tunggu dulu siapa yang bisa melayani, karena kan kadisnya terkonfirmasi, begitupun dengan sekertarisnya dan kepala bidangnya serta beberapa ASN, jadi buat apa kita buka jika tidak ada yang bisa melayani, tapi Insya Allah kita lihat 2 sampai 3 hari ini perkembangannya apakah memungkinkan untuk dibuka atau belum," ujar Andi Fahsar. (her/ril)