Jaminan Mutu Keamanan Pangan Melalui Sertifikasi dan Pendaftaran PSAT 

BONEPOS.COM, BONE - Bimtek Mutu dan Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) digelar di Hotel Novena, 8-9 September 2020.

Kasi Kelembagaan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bone, Andi Sutriani Mustari mengungkapkan, tujuan pelaksanaan kegiatan adalah memberikan pengetahuan kepada KWT dalam penerapan budidaya yang baik, sehingga menghasilkan prodak PSAT yang aman dikonsumsi.

"Kemudian memberikn pengetahuan kepada pelaku usaha terutama kepada pelaku usaha penggilingan beras dalam penerapan sanitasi dan higiene sehingga beras yang dihasilkan adalah beras yang bermutu dan aman dikonsumsi," papar perempuan yang karib disapa Andi Ani.

"Juga memberikan pengetahuan kepada aparat Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten tentang proses pendaftaran PSAT yang akan menjadi kewenangan untuk menerbitkan nomor pendaftaran PSAT produk pada label beras yang dihasilkan oleh pelaku usaha beras kecil dan mikro," sambungnya.

Sasaran gelaran yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi bekerja sama Dinas Ketahanan Kabupaten Bone adalah memberikan jaminan mutu dan keamanan pangan melalui sertifikasi prima dan pendaftaran PSAT/Register.

Peserta yang hadir yakni KWT yang menangani Pekarangan Pangan Lestari (P2L), penerima PUPM, pelaku usaha penggilingan beras, petani sayuran, dan aparat.

Untuk item kegiatan, antara lain materi penerapan sistem jaminan mutu PSAT Sanitasi dan higienes pada PSAT, lalu praktik penyusunan SOP dan standar sanitasi operasional prosedur (SSOP). (ril)