Persiapan Piala Super Eropa 2020: Bayern Muenchen vs Sevilla

BONEPOS.COM - Euforia Piala Super Eropa 2020 akan segera dimulai. Bayern Muenchen vs Sevilla menjadi proyek percontohan guna mengukur kesiapan stadion dihadiri kembali oleh suporter di masa pandemi.

Piala Super Eropa 2020 mempertemukan juara bertahan Liga Champions, Bayern Muenchen, dengan pemegang titel aktual Liga Europa, Sevilla.

Pertandingan Bayern Muenchen vs Sevilla berlangsung di Puskas Arena, Budapest, Hungaria, pada 24 September 2020.

Awalnya, UEFA Super Cup tahun ini direncanakan berlangsung di Estadio do Dragao, Porto, Portugal.

Namun, UEFA merelokasi penyelenggaraan laga ke Budapest berdasarkan hasil pertemuan terkait pembahasan efek pandemi COVID-19 pada 17 Juni lalu.

Sebagai laga percontohan untuk mengundang kembali suporter ke stadion, tiket Piala Super Eropa sudah dijual UEFA melalui situs resmi mereka.

Otoritas tertinggi sepak bola Eropa mengonfirmasi 30 persen dari kapasitas Puskas Arena yang mencapai 67.215 tempat duduk disediakan buat fan.

Pihak penyelenggara mengalokasikan 3.000 tiket masing-masing buat suporter dari masing-masing kubu.

Karena laga masih dilangsungkan di tengah ancaman pandemi virus corona yang belum mereda sepenuhnya, protokol COVID-19 akan ditegakkan sangat ketat demi keamanan dan kesehatan fan.

Dikutip dari situs UEFA, terdapat sejumlah poin regulasi bagi suporter pemegang tiket resmi yang hendak menyaksikan laga di stadion.

Poin-poin tersebut adalah sebagai berikut:

- Menjaga jarak minimal 1,5 meter dari penonton lain.

- Mengenakan masker sepanjang pertandingan untuk menutupi hidung dan mulut di semua area perimeter stadion.

- Mencuci dan disinfeksi tangan kapan pun situasi memungkinkan.

- Menjalani pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk stadion. Fan yang memiliki suhu 37,8 derajat Celcius atau lebih tak diperkenankan masuk stadion.

- Menempati kursi sesuai nomor yang dialokasikan UEFA dengan memastikan jarak 1,5 meter di antara kursi yang lain.

- Tidak menempati kursi lain di luar yang dialokasikan oleh UEFA sesuai tiket masing-masing.

- Dilarang datang ke stadion jika mengalami gejala apa pun yang terasosiasi dengan COVID-19, yang tidak diketahui dari penyebab lain.

Misalnya batuk kering, demam, sesak napas, sakit tenggorokan, kehilangan kemampuan penciuman atau perasa, mual-mual atau muntah, hidung tersumbat, pilek, diare, serta nyeri otot atau badan.

Pemilik tiket juga dilarang datang jika dinyatakan positif COVID-19 dalam 14 hari terakhir sebelum pertandingan, atau jika mereka melakukan kontak dengan siapa pun yang terjangkit.

Kalau ini terjadi, UEFA akan melakukan penggantian biaya tiket.

Selain itu, pemilik tiket dari luar Hungaria juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan wajib selama memasuki lokasi.

Fan diharuskan menunjukkan tiket resmi pertandingan dan surat keterangan negatif COVID-19 melalui tes PCR, yang harus dilakukan dalam kurun 3 hari sebelum memasuki kawasan Hungaria.

Sekelarnya menyaksikan laga, penonton diwajibkan meninggalkan teritori negara bersangkutan dalam kurun 72 jam setelah memasukinya.