Operasi Bina Waspada Lipu, Cegah Kejahatan Terorisme dan Radikalisme di Sinjai

BONEPOS.COM, SINJAI - Kepolisian Resor Sinjai yang dipimpin Kapolres Sinjai AKBP Iwan Irmawan didampingi Wakapolres Sinjai Komisaris Polisi (Kompol) Sarifuddin menggelar Lat Pra Ops Bina Waspada Lipu 2020 - Covid-19, Senin (14/9/2020).

Kegiatan tersebut turut diikuti Kabag Ops Polres Sinjai Kompol Amran, Kasat Binmas Polres Sinjai AKP Bakhtiar, dan seluruh personel yang terlibat Operasi Bina Waspada Lipu 2020.

AKBP Iwan mengatakan, Operasi Bina Waspada Lipu 2020 ini dalam rangka menciptakan kondisi kamtibmas melalui peningkatan kesadaran, peran serta dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka mencegah terjadinya kejahatan, terorisme, dan radikalisme serta anti pancasila, yang akan dilaksanakan selama 14 hari, terhitung tanggal 14 hingga 27 September 2020.

Salain itu, untuk memutus mata rantai covid-19 agar dalam pelaksanaan operasi mengedukasi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan diantaranya wajib memakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Intinya, Operasi Bina Waspada ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat dalam rangka mencegah paham radikalisme anti pancasila, terorisme, serta aliran sesat lainnya untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, sekaligus mengedukasi masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19," jelasnya.

Lanjut Iwan menjelaskan, Latpra Ops ini untuk memberikan arahan dan petunjuk kepada personel yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan operasi nantinya serta bagaimana cara bertindak di lapangan. Dalam pelaksanaan operasi ini, juga ditekankan kepada seluruh personil yang terlibat operasi agar sasaran dari pada Operasi ini supaya terarah dengan baik, ada sasaran yang telah ditentukan sehingga pelaksanaan operasi dapat memperoleh hasil yang baik.

Kompol Sarifuddin menambahkan, agar pelaksanaan Operasi Bina Waspada ini harus tepat sasaran, dan berdampak positif bagi masyarakat, bentengi mereka dengan penyuluhan agar tidak terpengaruh serta jangan melakukan pelanggaran yang kontra produktif saat pelaksanaan operasi.

"Pelaksanaan Operasi Bina Kusuma Lipu ini kita laksanakan dengan lebih mengedepankan sosialisasi terhadap masyarakat, terutama saat sekarang ini pandemi virus corona belum juga berakhir. Olehnya itu kita edukasi masyarakat untuk menaati protokol kesehatan," pungkasnya. (fan/ril)