Survei Capres 2024, Ridwan Kamil Salip Anies Baswedan, Giring Jadi Angin Segar

Foto: Adrian Putra/Fimela.com Ridwan Kamil

Dendik menuturkan, penurunan elektabilitas tidak hanya dialami Anies saja, karena gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga mengalami penurunan dari 5,6 persen menjadi 5,2 persen. Begitu pula dengan walikota Surabaya Tri Rismaharini dari 3,0 persen menjadi 1,6 persen.

Lebih jauh Dendik mengungkapkan, yang menarik dalam survey ini, yakni dengan munculnya Giring Ganesha. Dimana mantan musisi yang terjun ke Politik lewat Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu, mampu meraih elektabilitas sebesar 1,6 persen dan berada pada posisi 8 besar.

Menurut Dendik, popularitas Giring di mata anak muda menjadi salah satu faktor. Sebagai catatan, setelah tidak lagi menggeluti dunia musik, Giring berkiprah dalam kompetisi esports sebagai penyelenggara Piala Presiden 2020. Cabang olahraga baru gaming ini tengah digandrungi anak-anak muda dan mendapat perhatian serius pemerintah.

"Giring menjadi figur baru yang berhasil mencuri perhatian publik dengan mengantongi elektabilitas 1,6 persen, menempatkan pada posisi 8 besar. Peluang Giring masih mungkin naik atau turun, tetapi strategi mendeklarasikan sejak awal bisa mendongkrak PSI sebagai mesin politiknya" jelas Dendik.

Sementara itu, figur lainnya yang surveinya relatif stabil, diantaranya Sandiaga Uno, dimana elektabilitas mantan Cawapres Prabowo ini hanya mengalami penurunan sedikit, dari 8,6 persen menjadi 8,4 persen.

Adapun ketua umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dari 2,7 persen menjadi 2,5 persen. Hanya menteri BUMN Erick Thohir yang merosot dari 3,6 persen menjadi 1,2 persen dan Menko Polhukam Mahfud MD dari 1,6 persen menjadi 1,0 persen.

Selanjutnya 1 2 3