Ini Makna Gelar Adat Pangdam XIV/Hasanuddin dari Bupati Bone

BONEPOS.COM, BONE - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka beserta Ketua Persit KCK PD XIV/Hasanuddin Arinta Andi Sumangerukka bersama rombongan tiba di Rujab Bupati Bone, Jl Petta Ponggawae, Kelurahan Watampone, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Kamis (17/9/2020).

Gelaran ini dalam rangka Kunjungan Kerja di Kabupaten Bone yang disambut Danrem 141/Toddopuli Brigjen TNI Djashar Djamil beserta Ketua Persit KCK Koorcab Rem 141 PD XIV/Hasanuddin dan Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bone.

Pangdam XIV/Hasanuddin disambut dengan pengalungan kain sutera disertai dengan penyambutan Tari Alusu dari sanggar tari Saoraja.

Selanjutnya, rombongan menuju Museum Arajang dalam rangka pemasangan pakaian kebesaran prosesi pengukuhan gelar Adat, pemberian piagam tanda kehormatan dan pemberian gelar nama bangsawan Bugis "Andi Sumangerukka Petta Teru" yang bermakna Sosok Bangsawan Pemberani yang memiliki semangat yang kokoh, tangkas dan gesit dalam mengantisipasi pemulihan suasana di suatu wilayah.

Gelar adat bangsawan Bone ini adalah wujud rasa syukur dan kebanggaan masyarakat Bone mempertahankan, melestarikan, Ade mappuraonrona Tana Bone, Ampirikeng temmakare, dongiriken temmatippang musalipurikeng temmalingrung, dan semoga gelar ada bangsawan bugis bone ini mendapt berkah sebagi amanah yang di anugrahkan oleh Allah SWT.

Selanjutnya 1 2