BONEPOS.COM, MAKASSAR – Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Muhammad Syarif Bando, menerima Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Andi Majdah Agus Arifin Nu’mang didampingi Wakil Rektor V Bidang Kerjasama M Arfin Hamid dan Kabag Humas dan Kerjasama UIM Wachyudi Muchsin yang juga Ketua III Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Pusat di Hotel Imperial Aryaduta, Kamis (17/9/2020).

Muhammad Syarif Bando banyak berbagi pengalaman bagaimana dengan menumbuhkan minat baca bisa mengubah peradaban suatu bangsa.

Peranan perpustakaan dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan pendidikan masyarakat sangatlah penting dan besar.

Hal ini tentu dikarenakan perpustakaan merupakan unit lembaga yang memberikan suatu pelayanan publik berupa penyediaan bahan-bahan pustaka. Undang-undang Republik Indonesia No. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan secara garis besar menyebutkan bahwa perpustakaan merupakan sebuah institusi yang mengelola koleksi karya cipta manusia yang berguna untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pengguna perpustakaan.

Bagi civitas akademik, perpustakaan merupakan hal yang sangat vital dalam mencari informasi lebih-lebih dokumen sejarah berupa buku. Bagi para mahasiswa. Perpustakaan sangat membantu mereka dalam mengerjakan tugas kuliah dan mencari serta mengumpulkan informasi-informasi ilmu pengetahuan terbaru, apalagi gedung perpustakaan Univeritas Islam Makassar yang saat ini sedang proses pembangunan akan menjelma sebagai perpustakaan modern dengan letak strategis.