Begini Tingkat Kesembuhan Terjadi di Berbagai Daerah 

Untuk provinsi dengan penyumbang angka kesembuhan tertinggi berada di DKI Jakarta naik 1.540 kasus, Jawa Barat naik 1.093 kasus, Jawa Tengah naik 845 kasus, Aceh naik 730 kasus dan Kepulauan Riau naik 247 kasus.

Wiku mengajak Pemda lain belajar dari 3 provinsi dengan persentase kesembuhan tertinggi. Maluku Utara (89,71 persen) sejak awal membagi penanganan pasien ringan dikarantina tersentral atau di hotel, gejala berat di rumah sakit. Lalu mendorong pasien menjaga kebugaran fisik dan konsumsi protein. Serta pendekatan kearifan lokal dan menjunjung slogan "Jaga Torang Pe Diri, Jaga Torang Pe Keluarga, Jaga Torang Pe Daerah".

Gorontalo (87,19 persen) membedakan penanganan pasien gejala ringan dan berat. Penambahan vitamin pada pasien positif Covid-19 di rumah sakit. Tetapi pengelolaan stress dan olahraga pasien positif Covid-19 di rumah sakit. Serta pemberdayaan masyarakat hingga di tingkat desa dengan membentuk desa tanggung Covid-19 dan memantau pasien isolasi mandiri.

Kalimantan Utara (86,09 persen) melakukan penguatan kapasitas pemeriksaan sehingga kasus dapat ditangani sejak dini. Peningkatan jumlah laboratorium pemeriksaan dan dukungan pengadaan alat TCM dari provinsi. Disiplin protokol kesehatan sehingga menjaga usia rentan dan penderita komorbid agar terhindar penularan Covid-19, yang menyebabkan lebih banyak pasien tanpa gejala dan gejala ringan sehingga lebih cepat sembuh.

"Walau demikian janganlah kita berpuas diri karena pencapaian positif harus ditingkatkan terus menerus dan dipertahankan agar provinsi-provinsi tersebut dapat terbebas dari pandemi Covid-19," paparnya.

Selanjutnya 1 2 3