Tatap Muka di Barombong, Warga Curhat Soal Ini ke Deng Ical 

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Kampanye pasangan nomor urut 3, Syamsu Rizal yang beken disapa Deng Ical dengan Dokter Fadli Ananda digelar di Kecamatan Barombong, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (27/9/2020).

Saat pertemuan terbatas di salah satu titik, Deng Ical mendengarkan keluhan warga setempat.

“Ada masalah baru di sini. Ada drainase yang ditutup perumahan, sehingga menyebabkan banjir,” beber Rahmat Idrus Dg Lurang.

Ia berharap di Pilkada Makassar tahun 2020 ini, Deng Ical saat terpilih nantinya memimpin Kota Makassar agar menyelesaikan masalah tersebut.

“Mohon jadi perhatian, jangan mengorbankan warga dengan mengeluarkan izin tanpa kajian,” ungkapnya.

Merespons keluhan tersebut, Deng Ical menegaskan, ada dua program 100 hari pasang berjargon DiLan. Yakni unifikasi data dan peta drainase.

Deng Ical menjelaskan, unifikasi data untuk membenahi semua sistem data, sehingga tidak ada lagi masalah. Sebab, selama ini data yang ada cenderung tidak akurat. Akibatnya, kebijakan juga keliru akibat data tersebut.

“Pengambilan keputusan itu berdasarkan data. Kalau data bermasalah, kebijakan juga jadi bermasalah,” tuturnya kepada bonepos.

Karena itu, paling penting ini clearing data pada 100 hari pertama. Supaya tidak ada lagi yang miskin tidak dapat bantuan dan tidak lagi yang tidak berhak justru dapat.

Kedua, adalah peta drainase. Ini salah satu masalah besar yang dibenahi. Harus benar-benar diukur sudut elevasinya, sehingga ketahuan benar daerah mana yang tinggi dan rendah pada suatu wilayah.

“Elevasi ini akan menentukan pembangunan sistem drainase secara benar dan terintegrasi,” jelas doktor administrasi publik ini disambut pekik “Dilan” dan tepuk tangan warga. (rls)