Diduga Gaji Tak Merata, Honorer Pengadilan Agama Watampone Mogok Kerja

BONEPOS.COM, BONE - Gara-gara upah yang tidak merata di kalangan honorer Pengadilan Agama Watampone, puluhan pegawai melakukan aksi mogok kerja selama satu hari, Senin (28/9/2020).

Tampak di ruang pelayanan bagian PTSP yang didominasi para honorer berjejeran digantikan oleh pegawai PNS lainnya yang kerap melayani para calon janda dan duda.

Informasi yang diperoleh, aksi mogok kerja honorer Pengadilan Agama Watampone ini diduga dipicu upah yang tidak merata yang dianggarkan melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).

Salah satu pegawai Pengadilan Agama Watampone, berinisial MA mengatakan, pegawai honorer menggelar aksi demo dan berkumpul di bagian depan pengadilan agama protes atas upah yang tidak merata.

Pegawai honorer yang lama tidak mendapatkan kenaikan gaji ketimbang pegawai yang baru.

"Honorer pegawai ada yang terima Rp300 ribu, Rp500 ribu, Rp700 ribu. Tidak merata pembagiannya," beber MA.

Menurut MA, sebagian pegawai honorer menilai kenaikan gaji pegawai yang baru diduga ada kedekatan keluarga dengan pejabat PNS Pengadilan Agama.

Sementara itu, pantauan keesokannya Selasa (29/9/2020), para honorer pegawai Pengadilan Agama kembali bekerja seperti semula dan memberikan pelayanan.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi Ketua Pengadilan Agama Watampone. (ham/ril)