Kepala BNPT Sambangi Sinjai, Apa Terjadi?

BONEPOS.COM, SINJAI - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sinjai, AKBP Iwan Irmawan, memimpin langsung pengamanan kunjungan silaturahmi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Boy Rafli Amar di Kabupaten Sinjai, Senin (28/9/2020).

AKBP Iwan mengatakan, kegiatan pengamanan dikoordinir Kabag Ops Kompol Amran dengan menerjunkan sebanyak 164 personel gabungan dari Polres Sinjai, dibantu TNI Kodim 1424 Sinjai, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Sinjai.

"Kegiatan pengamanan dilaksanakan secara ekstra dalam rangka menjamin situasi yang aman dan tertib dalam pelaksanaan kegiatan. Tentunya juga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara diketahui, kunjungan silaturahmi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pusat di Kabupaten Sinjai sekaligus mengumpulkan para pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) se-Sulawesi Selatan, dengan tema "Penguatan Peran Pondok Pesantren Dalam Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia", bertempat di Masjid Islamic Centre, lingkungan Tanassang, Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara.

Kegiatan silaturahmi tersebut dihadiri pula Kepala BNN Provinsi Sulsel Brigjen Pol Idris Kadir, Prof Irfan Idris M.A (Direktur Derad BNPT), Kolonel (Sus) Solihuddin Nasution (BNPT), Letkol (Cpl) Hendro Wicaksono (BNPT), Totok Alqomar (BNPT), Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Danrem 141 Toddopuli Brigjen TNI Djashar Djamil, Dir Binmas Polda Sulsel Kombes Pol Markilat Heru Prasetyo, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong, Kepala Kejaksaan Negeri Sinjai Ajie Prasetya, Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Ely Asyer Sitompul, Ketua Pengadilan Negeri Agung Nugroho Suryo Sulistio, Ketua DPRD Sinjai Lukman Arsal, Sekretaris Daerah Sinjai, Akbar Mukmin, Kepala Kemenag Sinjai, Wakil Ketua DPRD Sinjai, Anggota DPRD Sinjai, para pejabat Asisten Setdakab Sinjai, Kepala OPD, Ketua MUI Sinjai, serta para Pimpinan Pondok Pesantren se-Sulawesi Selatan.

Andi Seto menyampaikan, selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai mengucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih serta suatu kehormatan karena kepala BNPT telah bersedia berkunjung di Kabupaten Sinjai.

"Saya laporkan bahwa kegiatan silaturahmi ini dihadiri oleh perwakilan pondok pesantren di 23 kabupaten se- Sulawesi Selatan dan 18 Pimpinan pondok pesantren yang ada di sinjai sendiri," ungkapnya.

Selanjutnya, sambutan dari Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala BNPT beserta rombongan atas kunjungan ke wilayah Sulawesi Selatan khususnya Kabupaten Sinjai, dan permohonan maaf dari Gubernur Sulawesi Selatan tidak bisa hadir dalam kegiatan silaturahmi ini.

"Pemerintah provinsi sulawesi selatan telah dan terus melaksanakan beberapa program deradikalisasi dalam rangka mengantisipasi munculnya serta berkembangnya paham yang radikal. Kami terus mengharapkan, kepada para pondok pesantren untuk bersama sama dan membantu program BNPT dalam mengantisipasi dan mencegah munculnya paham-paham yang menyimpang," kata adik mantan Menteri Pertanian ini.

Sambutan Kepala BNPT, Komjen Pol. Boy Rafli yang menyampaikan, kegiatan ini menjadi kesempatan terbaik kepada BNPT untuk melakukan silaturahmi dan sosialisasi kepada pimpinan pondok pesantren terkait tugas tugas BNPT, sekaligus menyampaikan bahwa tugas BNPT yang merupakan bagian dari pemerintah dalam mencapai tujuan bangsa menciptakan keadilan dan ketenteraman serta memberikan perlindungan terhadap bangsa dari terorisme maupun kejahatan terhadap kemanusiaan.

"BNPT dalam pelaksanaan tugasnya mendapat mandat untuk menangani persoalan terorisme lebih mengedepankan pencegahan. Kegiatan terorisme dan radikalisme dalam menjalankan aksinya tidak mengenal strata sosial, umur, perorangan maupun kelompok, sehingga siapapun dapat menjadi korban dan hal ini perlu mendapatkan perhatian dari semua unsur khususnya BNPT sendiri," tuturnya. (fan/ril)