BUMDES Bisa Ekspansi Usaha ke Australia, Begini Caranya

BONEPOS.COM, MELBOURNE - Konsulat Jenderal RI di Melbourne, Australia bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Desa dan Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes dan PDT) dan Ikatan Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) mengadakan kegiatan Webinar Indonesia - Australia Business Forum membahas IACEPA (Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership) dan Peluang bagi Eksportir Indonesia ke Australia, Rabu (30/9/2020).

Webinar tersebut diikuti ribuan peserta yang terdiri dari para pelaku UMKM, para pelaku usaha lokal dan nasional serta para pejabat daerah yang menangani pembinaan UMKM dan Perdagangan secara online.

Tujuan pelaksanaan Webinar adalah untuk memfasilitasi peluang ekspor ke Australia bagi para pelaku usaha lokal serta mendiseminasikan kerjasama ekonomi antara Australia dan Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Spica Tutuhatunewa, Konsul Jenderal RI untuk Victoria dan Tasmania menjelaskan, kegiatan akan sangat strategis untuk mendorong UMKM di Indonesia mengembangkan bisnisnya ke Australia karena saat ini kerangka kerjasama ekonomi antara Pemerintah Australia dan Indonesia telah ditanda tangani dimana tarif impor beberapa jenis barang ke Australia dari Indonesia diturunkan menjadi 0 persen.

Dia sangat mengapresiasi kerjasama dan kolaborasi yang pertama dan sangat baik antara KJRI Melbourne, Kemendagri, Kemendes PDT dan IKAPTK.

Hal sama diungkapkan Akmal Malik, Dirjen Otda yang juga menyambut baik kegiatan ini dan berharap akan ada kolaborasi kolaborasi lanjutan setelah ini. Dia juga berharap agar UMKM dapat mengambil peluang ini.

Selanjutnya 1 2 3 4