BUMDES Bisa Ekspansi Usaha ke Australia, Begini Caranya

Peran BUMDES menjadi penting dalam meningkatkan kemandirian desa, sehingga BUMDES diharapkan dapat menjadi salah satu pelaku bisnis yang tidak hanya menjangkau pasar lokal namun juga pasar nasional dan internasional. Diharapkan dengan kegiatan ini, BUMDES yang ada dapat mengambil peluang untuk melakukan ekspansi usahanya ke Australia.

Webinar tersebut menghadirkan tiga narasumber utama yaitu Muniroh Rahim, Koordinator Fungsi Ekonomi KJRI Melbourne, Ayu Siti Maryam, Kepala ITPC Sidney dan Wiliam Ho, Regional Manager PT Indofood.

Muniroh Rahim menjelaskan tentang peluang bisnis di Australia bagi para UMKM dengan memanfaatkan Kerjasama Ekonomi antara Pemerintah Indonesia dan Australia yang ditandatangani tahun 2020 yang menghapuskan berbagai tarif impor di Australia. Dia mengatakan "IACEPA” ini memberikan peluang kepada seluruh UMKM untuk dapat menjual produknya ke Australia. Setidaknya ada 12 produk yang tarif impornya menjadi 0 persen seperti cokelat, kelapa, macadamia, (pisang, mangga, dan melon), (kopi, teh, dan rempah), beras, minyak sawit, furniture, pakaian, alas kaki, perhiasan dan tekstil.

Ayu Siti Maryam sebagai salah satu narasumber membagikan tips kepada para pengusaha lokal untuk menembus pasar Australia. Setidaknya ada tujuh langkah untuk menembus pasar Australia. Pertama, mengenali produk secara detail terkait bahan abuk, alat, cara, nilai lebih karena produk tersebut harus di jelaskan secara detail sebagai persyaratan ekspor.

Selanjutnya 1 2 3 4