BUMDES Bisa Ekspansi Usaha ke Australia, Begini Caranya

Kedua, para pelaku usaha harus bisa menentukan segmen market yang disasar di Australia dan menyesuaikan produk dengan preference dan kebiasaan para pelanggan. Ketiga, para pengusaha harus memilih rekan yang tepat untuk diajak bekerjasama. keempat, para UMKM atau pengusaha harus mempelajari berbagai aturan lokal terkait dengan produk produk dan hukum bisnis setempat. Kelima, mengatur labeling atau pengekemasan dengan memenuhi informasi yang dipersyaratkan pemerintah Australia. Keenam, menyiapkan kontrak komersial dengan partner di Australia. Ketujuh atau terakhir adalah melakukan ekspor.

Ayu mencontohkan, untuk produk makanan, pemerintah Australia mensyaratkan agar setiap produk makanan dilengkapi informasi tentang kandungan nutrisi, komposisi dan kandungan alergen. Untuk memenuhi standar tersebut, pemerintah perlu untuk melakukan pembinaan kepada UMKM di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Wiliam Ho juga berbagi pengalaman melakukan export dan import makanan ke Australia. Dia menekankan bahwa tidak semua jenis makanan bisa masuk ke Australia dan pemerintah mengklasifikasikan makanan makanan tersebut sesuai tingkat kebahayaannya. Salah satu standar yang harus dipenuhi untuk jenis makanan yang akan di ekspor ke Australia adalah terkait pemberian label dimana informasi tentang kandungan nutrisi, komposisi, alergen dan negara asal.

“Jika ingin melakukan ekspor makanan ke Australia, sebaiknya UMKM dapat mempelajari informasi informasi terkait dengan aturan ekspor impor makanan melalui website pemerintah yang mudah di peroleh informasinya,”

Selanjutnya 1 2 3 4