Budaya Baca dan Penyebar Luasan Literasi di Sinjai Dipacu, Ini Buktinya

BONEPOS.COM, SINJAI - DPC Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI) Sinjai bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai akan menjalin sinergitas dalam rangka peningkatan budaya baca dan penyebar luasan literasi di Kabupaten Sinjai.

Komitmen tersebut diungkapkan Ketua DPC AJOI Sinjai, Elang Suganda dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai, La Baba Faisal dalam kegiatan tatap muka, yang digelar di Aula Pertemuan Dinas Perpustakaan, Senin (5/10/2020).

Elang Suganda menjelaskan, kegiatan tatap muka ini salah satu tujuannya adalah untuk lebih membangun sinergitas dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai khususnya dalam membangun budaya baca dan penyebar luasan literasi di era digital saat ini.

"Namun kita ketahui saat ini, mungkin sebagian masyarakat sudah jarang lagi untuk membaca. Dengan demikian, kehadiran AJOI di sini ingin membudayakan budaya baca melalui pemberitaan dengan segala jenis kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan," ungkapnya.

Tujuan kegiatan ini, diharapkan melalui berbagai kegiatan sebagai wujud program prioritas transparmasi Perpustakaan yang berbasis inklusi sosial. Kegiatan ini juga diharapkan bisa meningkatkan sdm ditengah pandemi Covid-19.

"Sehingga kita harapkan dengan terjadinya sinergitas antara AJOI dan Dinas Perpustakaan, yang mana AJOI sebagai organisasi media akan turut serta mendengungkan budaya baca dan penyebaran literasi melalui pemberitaan," tuturnya.

Sementara itu, La Baba Faisal berujar, Dinas Perpustakaan cukup banyak kegiatan yang selama ini tidak terpublikasi, sehingga kelihatannya sepertinya tidak ada kegiatan dan pekerjaan. Tetapi setelah terjalin sinergitas nantinya bersama teman-teman AJOI akan tahu bahwa begitu besar peran di Kabupaten Sinjai.

"Dengan demikian saya berharap kepada jajaran Dinas Perpustakaan yang nantinya akan melakukan kegiatan agar sampaikan kepada teman-teman media untuk diliput agar diketahui oleh masyarakat banyak, sehingga dengan demikian saya berharap pertemuan ini adalah pertemuan awal dan bukan pertemuan yang terakhir, segala aktivitas bisa terakomodir dengan baik dan kegiatan kita akan senantiasa berkolaborasi dan bersinergi dengan media online, khususnya yang tergabung dalam organisasi AJOI," pungkasnya.

"Saya berterima kasih kepada ketua dan pengurus AJOI Sinjai atas kunjungannya dengan menghadiri kegiatan ini, dengan tujuan untuk lebih meningkatkan sinergitas dan jalinan kemitraan yang lebih baik ke depan," tambahnya. (fan/ril)