Sulsel Keluar dari Zona Merah Covid-19, Prof Wiku: Prestasi Luar Biasa

BONEPOS.COM - IST Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito

BONEPOS.COM, JAKARTA - Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito memberikan apresiasi terhadap Sulawesi Selatan (Sulsel) yang mampu keluar dari Zona merah Covid-19. Hal tersebut merupakan prestasi yang luar biasa.

"Kabupaten/kota dengan zona merah di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan seluruhnya sudah berpindah menjadi zona oranye. Artinya tidak ada lagi zona merah di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Ini adalah prestasi yang luar biasa," kata Wiku saat jumpa pers di Istana Kepresidenan, Selasa 6 Oktober 2020 kemarin.

Wiku menjelaskan bahwa sebelumnya Sulsel masuk dalam 10 provinsi zona Merah Covid-19, dimana terdiri dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Banten, dan Papua.

Namun berdasarkan dari jumlah data kasus sembuh pekan ini, tercatat jumlah penurunan kasus positif Covid-19 yang paling signifikan terjadi di Sulsel, yakni sebesar 30,1% dan di Jawa Barat 28,5%. Sementara untuk presentase kesembuhan yang tertinggi ada di Jawa Timur yakni 88,53 %.

Sementara itu, dari jumlah kasus meninggal mingguan, 4 dari 10 provinsi mengalami penurunan cukup signifikan yakni DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Bali. Penurunan paling signifikan terjadi di DKI Jakarta sebesar 62,4%.

"Kepada provinsi yang mengalami kenaikan kasus positif dan kematian mingguan serta persentase kesembuhan dibawah 70%, kami mohon dengan meningkatkan jumlah pemeriksaan mingguan, meningkatkan kapasitas tracing dan meningkatkan kualitas pelayanan pada pasien Covid-19," Harap Wiku.

Wiku kembali manambahkan, bahwa kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan adalah modal untuk meningkatkan dan menekan angka penularan kasus Covid-19. Hal ini sangat bisa karena sudah dicontohkan oleh sejumlah provinsi. (red).