Aksi “Mandi Keringat” Bareng Forkopimda Keruk Got TPI Lappa Sinjai

Forkopimda Sinjai Keruk Selokan

BONEPOS.COM, SINJAI - Pemerintah Kabupaten Sinjai bersama Forum Komukasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), melakukan giat Karya Bakti bersih-bersih disaluran got di sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lappa, Minggu (11/10/2020).

Kegiatan ini diprakarsai Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf. Ely Asyer Sitompul yang dipimpin Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong dan turut hadir Ketua DPRD Sinjai, Lukman Haji Arsal, OPD hingga aparat Kelurahan, awak media yang tergabung dalam Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI), mahasiswa KKN UNM, sebagian masyarakat terlibat dalam aksi ini.

Letkol Inf. Ely Asyer mengatakan, kegiatan Karya Bakti kali ini yakni melakukan bersih-bersih got atau saluran drainase yang yang selama ini tersumbat karena tumpukan sampah, dan pendangkalan sehingga tidak berfungsi dengan baik.

Kegiatan ini ditujukan untuk mewujudkan kemanunggalan, agar tercipta kenyamanan.

"Kalau saluran drainasenya bersih, kan enak juga berdagang. Kalau bersih dan selokannya tidak berbau lagi pasti terasa nyaman," ungkapnya.

Sementara itu, Andi Kartini mengharapkan kesadaran penuh masyarakat terkait penting menjaga kebersihan lingkungan.

"Kami imbau kesadaran masyarakat ataupun pedagang, terutama menormalisasikan saluran air atau drainase. Dan insya Allah, ke depan kita akan kembalikan pemanfaatan TPI Lappa ini. Jadi nanti di area dalam TPI tidak ada lagi pedagang yang menjual," tegasnya.

Selain pembersihan drainase, kegiatan Karya Bakti ini juga dilakukan pembongkaran sejumlah dekker dan bangunan semi permanen di atas drainase, hingga dilakukan penyedotan lumpur drainase. (fan/ril)