Kadispenad Tinjau Lokasi TMMD Kodim 1411/Bulukumba, Ini Temuannya

BONEPOS.COM, BULUKUMBA - Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus, meninjau lokasi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 di wilayah Kodim 1411/Bulukumba, Sulawesi Selatan, Senin (12/10/2020).

Lawatan Kadispenad tersebut berkenaan dengan tugasnya selaku Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD ke-109 TA 2020.

"Kunjungan saya beserta tim Wasev TMMD ialah untuk mengukur kinerja organisasi Satuan Tugas (Satgas) TMMD mulai tahap perencanaan hingga pengakhiran, dengan harapan pelaksanaan pencapaian sasaran TMMD dapat berjalan optimal, efektif dan efisien, meskipun saat ini negara kita sedang dilanda pandemi Covid-19," papar Nefra dalam sambutannya.

Lanjutnya pula, penentuan sasaran TMMD, haruslah berdasarkan pertimbangan prioritas pada daerah yang sudah ada program pembangunan desa namun belum terjangkau pelaksanaannya oleh aparat Pemda, daerah rawan dari segi pertahanan, keamanan dan kesejahteraan, daerah rawan bencana alam, dan daerah terisolir, perbatasan, terpencil serta daerah miskin/kumuh perkotaan.

"Sasaran fisik yang telah ditetapkan harus dapat mendorong tumbuh kembangnya usaha-usaha masyarakat di bidang ekonomi dan meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat guna mendukung pemerintah dalam hal pemerataan pembangunan dan pengentasan kemiskinan," jelas Nefra.

Sejalan dengan hal tersebut, Dandim 1411/Bulukumba Letkol Arm Joko Triyanto, dalam paparannya kepada Kadispenad dan rombongan, menerangkan bahwa sasaran fisik TMMD ke-109 di wilayahnya yaitu pembangunan jalan perintis sepanjang 750 meter yang akan membuka akses jalan antara Desa Kindang dengan Desa Sapobonto. “Selain itu juga akan dibangun Talud sepanjang 550 meter dengan tinggi 2,5 meter di Desa Kindang sebagai antisipasi longsor. Sementara pembangunan non fisik meliputi beragam penyuluhan kepada masyarakat,” sambung Joko.

Dalam paparannya tersebut, Joko juga mengurai rincian penggunaan dana serta tak lupa melaporkan persentase pelaksanaan dari tiap program TMMD tersebut kepada Tim Wasev.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadis PMD) Kabupaten Bulukumba, Andi Kurnia, yang mewakili Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada TNI atas program TMMD berupa perintisan jalan antar desa, antar kecamatan yang dibangun oleh Kodim 1411/ Bulukumba.

"Sejak Indonesia merdeka, baru kali ini jalan bisa tembus, sehingga memperlancar transportasi masyarakat di pegunungan Bulukumba ini. Kini masyarakat bisa membawa hasil kebunnya ke pasar tanpa harus memutar sejauh 25 km lagi," beber Andi mengungkapkan rasa terima kasihnya atas nama seluruh masyarakat Bulukumba.

Di akhir kunjungannya, Kadispenad berpesan agar, baik Satgas TMMD maupun pihak Pemda dan masyarakat, tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam menyelesaikan program-program TMMD yang telah ditetapkan.

“Agar pelaksanaan kegiatan TMMD ini, tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19, dengan tidak mengurangi makna gotong-royong,” ucapnya.

Kedatangan Tim Wasev TMMD yang dipimpin oleh Kadispenad dihadiri oleh para pejabat dari kalangan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bulukumba maupun TNI. Diantaranya Ketua DPRD, Kajari, Kadis PUPR, Aster Kasdam XIV/Hsn, Wakapolres, Ketua Bappeda, Kemenag, Danrem 141/Todopoli, Dandim 1411/Bulukumba, serta para tokoh agama, masyarakat dan adat setempat. (rls)