Jumlah Penerima Bantuan Bedah Rumah di Sinjai Meningkat, Segini Jumlahnya

BONEPOS.COM, SINJAI - Bantuan program Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementarian PUPR atau yang lebih dikenal dengan bantuan bedah rumah mulai dirasakan dan dinikmati oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Program BSPS ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa kepada masing-masing KPM di Kelurahan Lappa dan Bongki Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Senin (12/10/2020)

Andi Seto mengatakan, program ini upaya pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR untuk mendorong derajat kesehatan masyarakat.

Sebab menurutnya, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, berawal dari rumah yang nyaman.

"Dengan demikian, saya mengajak kepada seluruh penerima bantuan agar senantiasa bersyukur. Pasalnya, tahun ini program bedah rumah kembali dapat dilaksanakan meski di tengah pandemi Covid-19," tuturnya.

Jumlah penerima bantuan bedah rumah di Kabupaten Sinjai selama dua tahun terakhir, kata Seto jumlahnya meningkat 100 persen. Berharap ke depan lebih banyak lagi masyarakat yang mendapatkan manfaat dari program ini, sehingga tidak ada lagi warga yang tinggal dirumah yang kurang layak.

"Tahun 2019 kemarin jumlahnya ssbanyak 300 rumah yang dibangun, sedangkan di tahun 2020 ini jumlahnya meningkat menjadi 654 unit rumah. Makanya kita terus mendorong dinas terkait agar ini bisa dimaksimalkan lagi," ungkap Seto.

Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Sinjai Anshar Arsyad berujar, program bedah rumah ini menyentuh 14 desa dan 4 kelurahan di Kabupaten Sinjai untuk tahun ini.

"Jadi totalnya sebanyak 654 unit rumah melalui tiga jenis program pemerintah yaitu BSPS reguler sebanyak 220 unit, program BSPS strategis sebanyak 300 unit dan program BSPS khusus untuk kawasan kumuh dalam kota sebanyak 134 unit," jelasnya.

Sedangkan total anggaran yang digunakan untuk program BSPS tahun ini di Kabupaten Sinjai, Anshar menyebutkan bahwa jumlahnya sebesar Rp 11, 4 miliar, jumlah ini terdiri dari program BSPS reguler dari dana APBN sebesar Rp 3,8 miliar, BSPS Strategis juga dari APBN Rp 5,2 milyar serta program BRS yang berasal dari dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp 2,3 miliar.

"Masing-masing unit rumah alokasinya sebesar Rp 17,5 juta. Untuk bahan dan material bangunan sebesar Rp 15 juta, Rp 2,5 juta untuk biaya jasa tukang," sebutnya.

Penyerahan bantuan bedah rumah tersebut dihadiri Kadis PUPR Sinjai, Andi Taufiq Asapa, Kadis Sosial Sinjai, Muh Irvan, Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Irwan Suaib, Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Sinjai, Muh Arfah, Camat Sinjai Utara, Andi Haryani Rasyid serta Lurah Lappa dan Bongki. (fan/ril)