Toilet Mewah SD di Bone, Sedot Angggaran Rp104 Juta

BONEPOS.COM, BONE - Toilet Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, terbilang mewah. Tidak tanggung-tanggung menyedot anggaran ratusan juta rupiah.

Seperti yang ditunjukkan di toilet sekolah UPT SD Inpres 3/77 Panyula. Toilet di SD tersebut menjadi salah satu pembangunan sarana yang berstandar nasional. Bahkan kondisinya sekelas hotel berbintang.

"Mulai tahun 2019, kami bangun toilet sekolah ini dari anggaran DAK dan sasaran kami untuk persiapan Sekolah Sehat," kata Kepala UPT SD Inpres 3/77 Panyula, Rosnani Ali, belum lama ini.

Sebab untuk menuju Sekolah Sehat, faktor kebersihan lingkungan sekolah juga diukur dari kondisi toilet atau kamar mandi yang dimiliki.

Proyek pembenahan dan pengembangan infrastruktur sekolah ini dipastikan sepenuhnya dengan dana pemerintah. Proyek pembenahan dan pengembangan infrastruktur sekolah ini dipastikan sepenuhnya dengan dana pemerintah.

"Pembangunan toilet sanitasi yang mewah itu menggunakan anggaran DAK tahun 2019 sebesar Rp104 juta," paparnya.

Pembenahan toilet sekolah ini sudah sesuai dengan standar Nasional yaitu mempunyai fasiltas 2 klosek duduk, 2 klosek untuk jongkok yang dilengkapi 8 wastafel dan dua kamar toilet khusus untuk pria dan wanita. (sug/ril)