Inovasi Sekda Sinjai Terbaik Seleksi Anugerah ASN se-Indonesia

BONEPOS.COM, SINJAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sinjai, Akbar Mukmin berhasil masuk nominasi 30 terbaik atau Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama Teladan dalam seleksi Anugerah ASN 2020 se-Indonesia.

Hal itu setelah pengumuman penilaian tahap I Anugerah ASN Tahun 2020. Dimana nama Akbar Mukmin berada diurutan ketiga.

Mantan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Sinjai ini berhasil masuk nominasi setelah memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik serta memiliki inovasi/prestasi yang luar biasa yang dirasakan oleh organisasi dan atau masyarakat.

Salah satu inovasi yang mengantar Akbar Mukmin masuk nominasi dari 1.400 berkas pesaingnya yang masuk dan mendapat perhatian Kemenpan RB adalah "Gerakan Rp1.000 tiap Jumat diikuti oleh ASN Lingkup Pemkab Sinjai", yang digagasnya sejak menjabat sebagai Sekda pada Tahun 2017 lalu.

Dimana dalam program tersebut, ASN lingkup Pemkab Sinjai menyisihkan sebagian pendapatannya Rp1.000 di setiap Jumat sebagai sedekah, untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Seperti membantu ASN yang sakit, bedah rumah bagi warga kurang mampu, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, Sekda Sinjai kembali akan mengikuti penilaian tahap II untuk bisa masuk TOP 10. Ajang ini dibuat untuk  memilih dan mendapatkan sosok ASN panutan (Role Model) yang telah menunaikan tugas dengan baik, bahkan melampaui ekspektasi organisasi dan masyarakat.

Selain Role Model, ASN terpilih akan menjadi Duta ASN, yang mampu memotivasi dan menginspirasi ASN lainnya untuk menorehkan prestasi dalam mengemban tugas dan jabatan.

Akbar yang dikonfirmasi terkait pencapaiannya di ajang Anugerah ASN 2020 ini mengaku bersyukur.

"Alhamdulillah, inovasi gerakan 1000 rupiah perhari jumat yang sejak tahun 2017 lalu kita lakukan secara ikhlas karena Allah untuk membantu sesama, membuahkan hasil. Dimana pelaporan inovasi ini ke Kemenpan RB dilakukan oleh Kabag Organisasi Setdakab," ungkapnya melalui pesan singkatnya di WhatsApp, Minggu (18/10/2020). (fan/ril)