1.000 Pohon Bakau Ditanam di Sinjai, Ini Manfaatnya

BONEPOS.COM, SINJAI - Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Ely Asyer gelar penanaman 1.000 pohon bakau di Pantai Hubat, Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Selasa (20/10/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Sinjai Timur, Kepala Desa Sanjai, Penyuluh Kehutanan Sinjai Timur, dan beberapa tokoh masyarakat Desa Sanjai.

Kasdim 1424 Sinjai, Timun Budianto mengatakan, penanaman pohon bakau ini merupakan penghijauan yang dilakukan oleh Kodim 1424 Sinjai pada Semester II Tahun 2020 dengan tema "Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Generasi Penerus Bangsa".

"Program ini adalah salah satu bentuk kepedulian terhadap kelestarian kawasan pesisir, yang merupakan bagian dari Program peduli terhadap lingkungan di wilayah kabupaten Sinjai. Kami menginisiasi penanaman bibit bakau," ungkapnya.

Menurutnya, hutan bakau memiliki manfaat bagi lingkungan sekitar, khususnya bagi masyarakat pesisir. Beberapa manfaat hutan bakau di antaranya mencegah instrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi pantai.

"Bisa juga sebagai pencegah dan penyaring alami yang berperan dalam penahan ombak sehingga pasir tidak mudah terkikis dari dorongan ombak dan menstabilkan daerah pesisir," jelasnya

Selanjutnya 1 2