Guru Dipenggal Setelah Tunjukkan Kartun Nabi Muhammad

Samuel Petty dalam Pster

BONEPOS.COM -Seorang guru sejarah dan geografi di Perancis, bernama Samuel Paty (47) dipenggal pada Jumat (16/10/2020).

Samuel Paty tewas dipenggal seorang remaja usai 1 tahunsetelah menunjukkan kartun Nabi Muhammad kepada murid-muridnya.

Pelaku pembunuhan tersebut  bernama Abdoullakh Anzorov (18). Ia terpaksa ditembak mati oleh polisi karena melakukan perlawanan .

Buntut lainnya, Dilansir dari AFP, Selasa (20/10/2020), sebuah mesjid ditutup. Penutupan ini berkaitan dengan unggahan laman media sosial Facebook masjid tersebut.

Berdasarkan sumber yang dekat dengan penyelidikan, masjid di pinggiran kota padat penduduk di timur laut Paris itu telah menyebarkan video melalui media sosial beberapa hari sebelum pembunuhan mengerikan yang terjadi pada hari Jumat (16/10/2020) tersebut.

Isi unggahan itu mencerca pilihan Samuel Paty untuk diskusi kelas tentang kebebasan berekspresi dengan cara menampilkan kartun Nabi Muhammad.

Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin, Senin (19/10/2020), bahkan bersumpah bahwa "tidak akan ada istirahat satu menit pun bagi musuh-musuh Republik", telah meminta otoritas regional untuk melakukan penutupan masjid tersebut.

Pada hari Senin (19/10/2020), polisi melakukan serangkaian penggerebekan untuk menangkap sejumlah pihak yang terlibat.

Sebelumnya, Paty (47) diserang dalam perjalanan pulang dari sekolah menengah pertama tempat dia mengajar di Conflans-Sainte-Honorine, 40 kilometer barat laut Paris.