Wisuda Virtual UMI, Pesan Rektor: Bahagiakan Orang Tua

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Selama dua hari, 24 dan 25 Oktober 2020, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mengukuhkan 2.753 wisudawan/wisudawati, mulai jenjang S1, S2, dan S3.

Total jumlah alumni UMI Makassar hingga saat ini, sebanyak 108.841 lulusan.

Proses pengukuhan wisudawan/wisudawati UMI kali ini, dilaksanakan secara virtual. Hal itu tidak lepas, pandemi Virus Corona (Covid-19).

Rektor UMI, Prof Basri Modding dalam sambutannya menyampaikan, era perubahan saat ini, revolusi industry 4.0 sangat kompetitif, dipercaya akan mengurangi secara signifikan penggunaan tenaga manusia, lantaran hadirnya mesin otomatis berbasis kontrol digital, bertumpu pada teknologi robotik, internet, atau bahkan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Namun demikian, kata Prof Basri, era ini sesungguhnya juga menyajikan peluang, bahwa sesungguhnya di balik kesulitan ada kemudahan, dan sesudah kesulitan ada kemudahan atau di balik tantangan ada peluang.

Karena itu, SDM yang dibutuhkan adalah memiliki kompetensi khusus untuk survive, sumber daya manusia yang cerdas dan religius, mampu berkomunikasi dengan baik, mengelola emosinya dengan baik, responsive, kreatif, inovatif, dan mampu mengantisipasi perubahan dengan menjunjung tinggi kebenaran dan memikul tanggung jawab sosial.

"Mahasiswa yang sudah lulus, harus menyesuaikan diri di tengah masyarakat.
Kembangkan adaptasi dengan baik. Dan bahagiakan orang tua," kata Prof Basri, di Auditorium Al Jibra UMI, Minggu (25/10/2020). (ril)