Pengurus PSBB Sangdara Dilantik, AAP Didaulat Ketua Dewan Pembina

BONEPOS.COM, BONE - Komunitas Pemerhati Seni dan Budaya Bone (PSBB) Sangdara gelar deklarasi dan pelantikan pengurus baru periode 2020-2021, di aula Kantor Kecamatan Kajuara, Kabupaten Bone, Rabu (28/10/2020).

Acara yang digelar bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020 ini, dihadiri Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin yang juga Ketua Dewan Pembina PSBB Sangdara, Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi yang diwakili Camat Kajuara Andi Muhammad Guntur, Kepala BPNB Sulawesi Selatan Andi Syamsul Rijal.

Juga dihadiri sejumlah budayawan diantaranya Muhannis budayawan Sulsel, Andi Abdi Bashit sekaligus maestro tari dan musik Sulsel, Andi Mandasini Saleh, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sinjai, Damyanti mewakili Kepala Dinas Kebudayaan Bone dan sejumlah organisasi pemerhati seni dan budaya.

Camat Kajuara Andi Muhammad Guntur mewakili Bupati Bone menyampaikan apresiasi atas deklarasi dan pelantikan pengurus PSBB Sangadara ini.

Ia berharap, Sangadara dapat ikut berkontribusi dalam pembangunan daerah di Kabupaten Bone.

Kepala Badan Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sulawesi Selatan Andi Syamsul Rijal mengaku kegiatan yang digagas oleh Sangdara ini jarang terjadi, dimana para pemuda berinisiatif untuk melestarikan budaya.

Hal ini juga sesuai dengan program pemerintah yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju.

"Kami dari Badan Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara sangat berbangga dan berterima kasih atas kegiatan yang digagas oleh teman-teman, sejak kedatangannya di tempat saya, saya langsung merespons baik, karena kegiatan ini jarang terjadi," ungkapnya.

Sementara itu, Andi Akmal Pasluddin (AAP) yang didaulat sebagai Ketua Dewan Pembina PSBB Sangdara menyampaikan terima kasih atas amanah yang diberikan.

AAP mengaku ada satu budaya yang perlu dilestarikan yaitu budaya siri, budaya siri ini dijadikan motivasi untuk terus berkreasi. Ia juga mengajak dan memotivasi kepada para pengurus Sangdara dan hadirin, untuk terus berkreasi dan berkolaborasi dalam pembangunan.

"PSBB Sangdara ini bisa kita jadikan wadah, kita bisa berkolaborasi, karena bangsa ini tidak bisa maju kalau kita tidak bersama-sama. Saat ini dibutuhkan kolaborasi, dibutuhkan kerja sama," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, AAP juga diamanahkan oleh panitia untuk membacakan naskah Sumpah Pemuda yang diikuti oleh para hadirin.

Ketua PSBB Sangdara Fauzan Menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini.

Akmal berharap, pemerintah Kabupaten Bone terus memberikan ruang kepada PSBB Sandara untuk berkolaborasi dalam pembangunan, khususnya di bidang seni dan budaya.

Di akhir acara digelar orasi budaya yang dibawakan oleh budayawan yang juga maestro tari dan musik Sulawesi Selatan Andi Abdi Bashit dan pementasan seni monolog osong dan tari Allusu Makkunrai dari anak-anak Sangdara. (jul/ril)