BONEPOS.COM, BONE – Sebanyak 16 komunitas motor di tiga Kabupaten yaitu Wajo, Sinjai, dan Bone, Sulawesi Selatan terlibat dalam kegiatan sosial, berupa donor darah.

Gelaran tersebut bertajuk “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” pada 24-25 Oktober 2020.

Antusiasme luar biasa dari komunitas yang tergabung dalam Bold Riders Wajo, Sinjai, dan Bone ini mampu mengumpulkan 122 kantong darah dari total 150 peserta.

Koordinator Acara, E. Kevin Sutriyono menjelaskan, usai mendonorkan darahnya di Kantor PMI Kabupaten Wajo, anggota dari BVEC Wajo, SSW Wajo, WBTC Wajo, dan JWC Wajo langsung turun ke jalan. Mereka membagikan 500 masker di Pasar Sentral dan Lapangan Merdeka Wajo.

“Sasaran dalam pembagian masker ini adalah pengguna jalan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Apalagi setiap hari selalu ada razia masker dari aparat gabungan,” ungkap Koordinator Acara E. Kevin Sutriyono, Senin (26/10/2020).

Sementara itu, lanjut Kevin, tiga komunitas yakni TOC Sinjai, V-One Sinjai, dan YRKS Sinjai mengikuti kegiatan donor darah di Tribun Lapangan Sinjai Bersatu. Kegiatan ini digabungkan dengan anniversary TOC Sinjai.

Di Kabupaten Bone, 9 komunitas yang terdiri dari YVC-I, Byonic, WVC, WNM, LMC, Black X Community, KNC, BI, dan Bikers Subuhan menyumbang kantong darah paling banyak.

Dalam gelaran di Kantor PMI Bone tersebut terkumpul 54 kantong darah dari 61 peserta.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna.

Komunitas yang terlibat program donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda.

Aksi ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di Juli lalu.

Saat itu, terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar. (rls)