Perpustakaan SD di Bone Memprihatinkan, Dinas Pendidikan “Cuek”

FOTO: Kondisi Perpustakaan di SD Inpres 5/81 Cempaniga yang diperuntukkan bagi peserta didik dalam menuntut ilmu.

BONEPOS.COM, BONE - Bangunan Perpustakaan untuk peserta didik di UPT Sekolah Dasar (SD) Inpres 5/81 Cempaniga yang terletak di wilayah Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, kondisinya sangat memprihatinkan.

Bangunan ini hanya dihiasi dinding papan yang sudah lapuk dan tidak layak lagi sebagai sebuah bangunan perpustakaan.

Bahkan atapnya sudah banyak bocor dan berjatuhan karena termakan usia.

Ironisnya, di sekolah ini mendapat dana Apirmasi yang peruntukannya pada buku-buku pelajaran sehingga sangat dibutuhkan bangunan Perpustakaan yang layak.

Namun tentu saja hal menjadi persoalan klasik adalah jumlah siswa yang kurang menjadi penyebab sekolah ini tak kunjung mendapat bantuan.

Sebelumnya, pihak sekolah sudah pernah melaporkan permasalahan ini ke Dinas Pendidikan Kabupaten Bone agar diberi bantuan bangunan Perpustakaan. Sayangnya hingga kini belum ada tindak lanjut.

"Sudah sering diajukan usulan untuk bantuan Perpustakaan. Tapi belum ada realisasinya dari Dinas Pendidikan. Alasannya sekolah kami ini kurang muridnya. Jadi kita harus bagaimana, sementara anak murid di sekolah ini juga ingin merasakan kondisi perpustakaan yang baik," sebut A Mappiasse, Kepala UPT SD Inpres 5/81 Cempaniga.

Awalnya tutur Mappiasse, bangunan itu adalah rumah dinas sekolah. Berhubung tidak ada Perpustakaan, rumah itu kini difungsikan buat perpustakaan," ungkap A Mappiasse. (sug/ril)