Refleksi 75 Tahun Brimob; Pengabdian Tanpa Batas

BONEPOS.COM, BONE - Brigade Mobil (Brimob) menapaki usia ke-75 yang dirayakan pada 14 November 2020.

Usia 75 tahun, jelas tidak muda lagi. Kian dewasa dan bijak menyikapi kondisi yang tengah terjadi di tengah masyarakat. Wabah Covid-19 belum mereda.

Sekalipun kondisi di tengah pandemi, bukti cinta Brimob kepada masyarakat, kian terasa. Makin dalam.

Tak kenal lelah, personel Brimob intens masuk ke pasar dan bercengkrama dengan semua pihak. Tak pandang status apalagi umur. Semua dilayani dan diedukasi pentingnya bahaya Covid-19. Sembari kampanye 3M+1T, yakni mencuci tangan dengan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, dan tidak berkerumun.

Sebagai Pasukan Elite Polri, tak menjadikan personel Brimob jemawa. Sikap tegas, disiplin, namun rendah hati, dipancarkan.

Hal itu terlukis jelas dalam potret kehidupan personel Brimob Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel. Di bawah komando Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor, Kompol Nur Ichsan. Peran Brimob kian dirasakan penting.

Permasalahan yang terjadi di masyarakat, personel Brimob, terus berupaya hadir. Misalnya kala terjadi bencana. Personel Brimob juga aktif membantu masyarakat.

Tak kenal waktu dan ujian yang dihadapi masyarakat, personel Brimob, terus memberikan yang terbaik.

Tak sampai di situ saja, peran Brimob juga begitu vital dalam pengamanan pesta demokrasi di Tanah Air, 9 Desember nanti.

Total daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 sebanyak 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Brimob sebagai salah satu bagian pengamanan, tentu diharapkan, bisa menjaga amanah. Walaupun disadari, pekerjaan yang tidak mudah.

"Sebagai wujud Bhakti Brimob Untuk Indonesia, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel terus berupaya meningkatkan semangat dan pengabdian dalam menjalankan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat," jelas Danyon C Pelopor Nur Ichsan.

Momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Brimob, tidak dipahami sekadar seremonial belaka. Lebih dari itu. Waktunya refleksi penyiapan diri lebih matang. Sesuai perkembangan saat ini.

Ke depan, tantangan kian meningkat. Beban kian berat. Personel Brimob harus bisa menjawab itu. Sesuai tema HUT Korbrimob Polri ke 75 dengan tema, 'Brimob untuk Indonesia'.

Seperti yang dikatakan Komandan Satuan Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis, Satbrimob Polda Sulsel telah melakukan berbagai upaya peningkatan kualitas kinerja baik itu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun peningkatan perlengkapan demi menunjang keberhasilan tugas dalam mengimplementasikan Bhakti Brimob Untuk Masyarakat.

“Untuk lebih profesional dalam pelaksanaan tugas sebagai wujud bhakti Brimob Untuk Masyarakat tentunya berbagai upaya telah kami lakukan,” sebut Muhammad Anis.

Melalui catatan ini, penulis menitip pesan agar personel Brimob dimanapun bertugas, agar senantiasa menjaga muruah harkat dan martabat untuk berbakti kepada masyarakat dan Indonesia. Selamat Milad Brimob! (Muhammad Ashri Samad/ril)