Soal Nota Kesepahaman KUA PPAS Tahun 2021, Begini Sikap Pemkab dan DPRD Sinjai – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Soal Nota Kesepahaman KUA PPAS Tahun 2021, Begini Sikap Pemkab dan DPRD Sinjai

  • Bagikan

BONEPOS.COM, SINJAI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sinjai menggelar Rapat Paripurna dalam rangka penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan DPRD Sinjai terhadap kebijakan umum APBD serta prioritas plafon anggaran sementara (KUA PPAS) tahun 2021.

Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA PPAS Tahun 2021 tersebut ditandatangani Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa bersama Ketua DPRD Sinjai, Lukman H Arsal, Wakil Ketua Sabir dan Mappahakkang di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sinjai, Senin (16/11/2020).

Andi Seto mengatakan, tema Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sinjai Tahun anggaran 2021 yang menjadi acuan nantinya dalam RAPBD adalah Percepatan Pemulihan Ekonomi, Pemerataan Pembangunan dan SDM.

Melalui tema besar RKPD inilah yang diturunkan dalam Dokumen Kebijakan Plafon Anggaran Umum APBD dan Prioritas, maka kebijakan penganggaran diprioritaskan pada pengembangan SDM dan pembangunan infrastruktur menjadi lebih besar.

“Kebijakan yang dimaksud adalah penyusunan alokasi belanja menggunakan pendekatan anggaran kinerja yang berorientasi kepada pencapaian hasil yang direncanakan,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Seto menjelaskan, prioritas anggaran belanja untuk menunjang efektifitas pelaksanaan tugas dan fungsi perangkat daerah dalam melaksanakan kewajiban daerah. Setiap peningkatan alokasi belanja harus diikuti dengan peningkatan kinerja pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga  Blak-blakan Dirut RSUD Sinjai Usai Divaksin Covid-19, Ini Ungkapannya

“Besaran plafon anggaran harus realistis, yaitu harus disesuaikan dengan kondisi kemampuan keuangan daerah,” ungkapnya.

Sebagai gambaran kebijakan umum APBD dan prioritas plafon anggaran sementara Tahun 2021, Seto menyebutkan bahwa pendapatan daerah direncanakan sebesar Rp1,19 triliun lebih, terdiri dari pendapatan asli daerah sebesar Rp99,29 miliar lebih, pendapatan transfer sebesar Rp1,06 triliun lebih, dan lain-lain pendapatan daerah sebesar Rp31,7 miliar lebih.

Sedangkan kebijakan belanja direncanakan nilainya sebesar Rp1,2 triliun lebih terdiri dari belanja operasi sebesar Rp824,9 miliar lebih, belanja modal sebesar Rp256,47 miliar lebih, belanja tidak terduga (BTT) sebesar Rp3 miliar, dan belanja transfer sebesar Rp132,2 miliar lebih.

“Dari hitungan pendapatan dan belanja daerah tersebut, terdapat selisih defisit anggaran sebesar Rp16,6 miliar dan prioritas kebutuhan daerah serta pertimbangan kinerja,” terangnya.

“Jadi penentuan kebijakan belanja daerah, selain didasarkan pada prioritas kegiatan perangkat daerah, juga dapat dilakukan berdasarkan hasil evaluasi penganggaran tahun sebelumnya,” sambungnya.

Baca Juga  40 Persen Satuan Pendidikan di Sinjai Belum Layak Tatap Muka

Sementara, untuk pendekatan prioritas pembangunan di Kabupaten Sinjai adalah yang pertama percepatan pertumbuhan ekonomi, untuk percepatan pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19. Kedua pengelolaan lingkungan hidup, SDA untuk ketahanan bencana dan perubahan iklim.

Ketiga pengembangan wilayah untuk menjamin pemerataan dan mengurangi kesenjangan, keempat adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing serta peningkatan infrastruktur pendukung aksesibilitas wilayah.

“Untuk itu, saya menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD serta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang telah bekerjasama serta bekerja keras dalam proses penyusunan KUA dan PPAS APBD 2021 ini, sehingga dapat diselesaikan dengan baik,” ujarnya.

Seto menambahkan, tahapan selanjutnya adalah penyusunan RAPBD Tahun 2021, akan dapat segera dibahas dan disetujui bersama untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah. Diharapkan agar pembahasannya nanti tidak terlalu lama, sehingga pelaksanaan APBD Tahun 2021 segera dapat dilakukan dan direalisasikan untuk kesejahteraan masyarakat. (fan/ril)

Temukan Kami:
  • Bagikan