Pariwisata Sinjai Kian Menggeliat, Target PAD Capai Target

BONEPOS.COM, SINJAI - Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) meluncurkan aplikasi pariwisata di Halaman Kantor Disparbud Sinjai, Senin malam (16/11/2020).

Aplikasi yang dibuat untuk memperkenalkan dan promosi wisata itu, diberi nama 'Ayo Ke Sinjai'. Aplikasi berbasis android itu dapat diunduh gratis di play store.

Launching aplikasi pariwisata ini ditandai dengan pemukulan gendang oleh Bupati Sinjai Andi Seto Ghadista Asapa dan disaksikan para Forkopimda, Sekda Sinjai, para pejabat Asisten, Staf Ahli Bupati dan para Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab Sinjai.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai Haerani Dahlan mengatakan, pengguna aplikasi ini dapat mengakses informasi mengenai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sinjai.

"Aplikasi ini untuk memudahkan para wisatawan untuk mengetahui secara detail obyek wisata yang ada di Sinjai. Dimana di dalamnya juga terdapat informasi sarana pendukung lainnya seperti lokasi hotel, tempat kuliner, travel dan fasilitas pendukung lainnya," jelasnya.

Haerani mengajak kepada seluruh pihak untuk membangun pariwisata di Sinjai, dengan memaksimalkan potensi yang ada sehingga kedepan pariwisata Sinjai semakin berkembang.

Haerani menambahkan, hingga awal November ini terget PAD dari sektor pariwisata telah mencapai target yang telah ditentukan. Target ini dicapai tidak lepas dari peran Pemerintah desa yang banyak melahirkan desa wisata.

Sementara itu, Andi Seto menyampaikan apresiasi kepada pihak Disparbud Sinjai yang memiliki kreativitas dalam melahirkan aplikasi berbasis digital ini yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Sinjai.

"Insya Allah dengan apilkasi ini kita punya harapan obyek wisata di Sinjai semakin bergairah, masyarakat lokal maupun luar daerah juga bisa mengetahui obyek wisata apa saja yang ada di Sinjai sehingga ini bisa menambah jumlah kunjungan wisatawan yang pada akhirnya ada perputaran ekonomi didalamnya," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, akselerasi percepatan promosi wisata merupakan salah satu program prioritas Pemkab Sinjai yang ingin mewujudkan kesejahtaraan masyarakat melalui sektor pariwisata.

"Oleh karena itu, Pemkab Sinjai sedang menggencarkan promosi wisata dengan ekonomi kreatif, membangun kerjasama dengan OPD lain dan instansi vertikal serta bekerjasama dengan pemerintah desa dalam menggali obyek wisata yang ada di wilayah masing-masing," terang Bupati Seto.

Selain aplikasi pariwisata, dalam kegiatan tersebut juga dilaunching theme song (lagu tema) pariwisata berjudul 'Ayo Ke Sinjai' yang diciptakan Pegawai Disparbud Sinjai Romi Rompegading. (fan/ril)