Polres Tana Toraja Tidak Terbitkan Surat Izin Keramaian, Ini Targetnya

BONEPOS.COM, TANA TORAJA - Kapolres Tana Toraja AKBP Sarly Sollu menegaskan, berdasarkan Undang-Undang ke karantinaan kesehatan, pihaknya tidak akan mengeluarkan izin keramaian pada kegiatan masyarakat yang sifatnya mengumpulkan orang banyak, ataupun kegiatan masyarakat berpotensi menimbulkan kerumunan.

Tujuan hal ini, guna menyikapi tanggung jawab pendisiplinan masyarakat pada Protokoler Kesehatan, dan mencegah timbulnya sikap abai dan lengah dari masyarakat terhadap penyebaran Covid -19.

Penegasan ini disampaikan oleh Kapolres Tana Toraja saat memimpin apel pagi personel di halaman Mapolres Tana Toraja, Senin (23/11/2020).

"Karena keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi, Polres Tana Toraja tidak akan mengeluarkan surat izin keramaian bagi kegiatan kegiatan masyarakat yang sifatnya mengumpulkan orang banyak atau pun kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan orang banyak, " jelas Sarly Sollu.

Masih kata Sarly Sollu, tidak adanya izin keramaian yang dikeluarkan oleh pihaknya merupakan bentuk antisipasi terhadap munculnya sikap lengah dan abai dari masyarakat terhadap bahaya penyebaran Covid-19.

"Salah satu potensi yang dapat mengakibatkan meningkatnya penderita Covid-19 adalah kerumunan orang banyak dalam suatu kegiatan masyarakat, karena mereka yang berkerumun ini sudah cenderung akan bersikap lengah dan abai pada protokoler kesehatan," tutur Sarly Sollu.

Lebih lanjut Sarly Sollu, sikap lengah dan abai dari masyarakat inilah yang ingin dicegah melalui berbagai upaya, salah satu bentuknya adalah tidak dikeluarkannya izin keramaian.

Senada dengan penegasan dari Kapolres, Pemkab Tana Toraja juga telah mengeluarkan surat edaran Bupati nomor: 440 - 1004 / XI / Setda yang ditujukan kepada para camat, lurah dan kepala lembang se Kabupaten Tana Toraja yang berisi tentang 3 poin penting yang wajib dilaksanakan sehubungan dengan meningkatnya frekuensi kegiatan kemasyarakatan. (pol)