Efek Pandemi Covid-19, Kecelakaan di Bone Berkurang

BONEPOS.SCOM, BONE - Jajaran Sat Lantas Polres Bone menggelar pres rilis terkait jumlah kasus kecelakaan yang terjadi selama tahun 2020 di kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan.

Press rilis tersebut dipimpin langsung Kasat Lantas Polres Bone AKP Fitriawan didampingi KBO Iptu Fredy Nalle dan Sub Paur Humas Ipda Rayendra Muhtar, di Halaman Polres Bone Rabu (25/11/2020).

Kasat Lantas Polres Bone AKP Fitriawan menerangkan, angka kecelakaan di Kabupaten Bone 2020 mengalami penurunan dibanding tahun 2019.

"Angka kecelakaan di Bone mengalami penurunan, salah satu faktornya adalah pandemi Covid-19, karena kurangnya aktivitas masyarakat di luar rumah, banyak masyarakat yang hanya tinggal dirumah," ujar AKP Fitriawan.

Lanjut kata Fitriawan, total angka kecelakaan pada tahun 2019 sebanyak 487 kasus sementata untuk tahun 2020 turun menjadi 342 kasus.

"Untuk laka meninggal 2019 sebanyak 56 kasus sementara tahun 2020 sebanyak 28 kasus," tambahnya

AKP Fitriawan mengatakan, banyaknya angka kecelakaan disebabkan oleh kesadaran masyarakat, selain itu juga dipengaruhi oleh jalan rusak.

"Kecelakaan disebabkan karena adanya pelanggaran, kecelakaan tidak akan terjadi kalau tidak ada pelanggaran sebelumnya, salah satu contoh pengendara melanggar karena menghindari lubang misalnya dan mengambil jalur pengendara lain sehingga terjadi kecelakaan," lanjutnya.

Terkait banyaknya kecelakaan karena jalan rusak, pihaknya sudah berkoordinasi dengan semua instansi terkait untuk selanjutnya ditindak lanjuti. (cs/ril)