Lakukan Sholat Tasbih Minimal 1 Kali Seumur Hidup

BONEPOS.COM – Sholat Tasbih, merupakan sholat sunnah empat rakaat yang di sepanjang salat tersebut mengucapkan kalimat tasbih 300 kali. Salat tasbih dapat dikerjakan pada siang atau malam hari. Salat ini dianjurkan untuk dikerjakan, paling tidak seumur hidup sekali.

Dalam riwayat yang tercantum pada kitab Nihayatuz Zain fi Irsyadil Mubtadi’in karya Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani, sholat ini dijalankan sama seperti sholat lainnya. Hanya terdapat rukun membaca kalimat tasbih di dalamnya.

“ Salah satu sholat yang tidak disunahkan berjamaah adalah sembahyang tasbih. Sholat empat rakaat ini baiknya diakhiri sekali salam bila dikerjakan pada siang hari. Sementara pada malam hari, sholat ini baiknya diakhiri dengan dua salam karena hadits Rasulullah SAW berbunyi, ‘Shalat malam itu per dua raka’at.’

Tata Cara Sholat tasbih

Sebenarnya hampir sama dengan salat sunah lainnya. Hanya saja, dalam salat tasbih ini ada penambahan bacaan tasbih sebanyak 75 kali dalam satu rakaatnya. Untuk lebih jelasnya, berikut tata cara salat tasbih.

1. Niat
Ucapkan niat seperti niat di atas lalu takbiratul ikrom.

2. Membaca Surat Al Fatihah
Pastikan untuk membaca surat Al-Fatihah karena ini merupakan salah satu syarat sahnya salat.

3. Baca Surat Alquran
Umumnya, bacaan surat dalam salah sunah di rakaat pertama adalah surat Al-Kafirun. Maka kita bisa membaca surat ini. Tapi, jika kita hafal surat lain yang ada bacaan tasbihnya di awal surat seperti surat Al Hadid, Al Hasyr dan Ash Shaff. Selepas membaca surat ini, bacalah bacaan tasbih sebanyak 15 kali.

4. Ruku'
Untuk selanjutnya adalah ruku seperti salat fardu atau salat sunah lainnya. Setelah bacaan ruku' selesai, bacalah bacaan tasbih sebanyak 10 kali.

5. I'tidal
Setelah ruku' selanjutnya adalah iktidal. Ketika bacaan iktidal selesai, bacalah tasbih sebanyak 10 kali.

6. Sujud
Setelah gerakan iktidal dan tasbih selepas iktidal selesai, lanjutkan dengan sujud. Baca bacaan sujud seperti biasa kemudian lanjutkan dengan membaca bacaan tasbih sebanyak 10 kali.

7. Duduk di Antara Dua Sujud
Bacalah bacaan duduk di antara dua sujud seperti biasa kemudian lanjutkan dengan bacaan tasbih sebanyak 10 kali.

8 Sujud
Lakukan kembali gerakan sujud, bacaan bacaan sujud hingga selesai kemudian lanjutkan dengan bacaan tasbih sebanyak 10 kali. Jika sudah selesai sujud dari rakaat pertama, lanjutkan ke rakaat kedua dan lakukan salat tasbih di rakaat kedua sama dengan di rakaat pertama.

Sebelum berdiri untuk melanjutkan ke rakaat kedua, duduklah sebentar dan bacalah bacaan tasbih kembali sebanyak 10 kali. Kemudian kita bisa berdiri untuk melanjutkan ke rakaat ke dua.

9 Tasyahud Akhir & Salam
Setelah selesai rakaat kedua, duduklah untuk gerakan tasyahud akhir. Sebelum membaca tasyahud akhir, bacalah bacaan tasbih sebanyak 10 kali, kemudian bacalah bacaan tasyahud akhir dan dilanjutkan dengan salam.

Menurut riwayat Ibnu Mas‘ud RA, selain pada rakaat pertama, tasbih dibaca 15 kali di saat berdiri, tepatnya sebelum membaca surah Al-Fatihah. Kalau sanggup, kau boleh melakukan shalat tasbih ini setiap hari. Kalau tidak sanggup, lakukan shalat ini sekali sebulan.

Kalau juga tak sanggup, lakukan sekali setahun. Kalau tak sanggup juga, lakukan barang sekali dalam seumur hidupmu. Kalau ada seseorang tidak pernah sekalipun melakukan sholat tasbih, itu menunjukkan kemalasannya dalam menjalankan perintah agama".