Disdik Sinjai Jaring Kasek Berkualitas, Ini Ujiannya

BONEPOS.COM, SINJAI - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai menggelar seleksi calon Kepala Sekolah dan Calon Pengawas untuk mengisi jabatan kepala sekolah (Kasek) yang kosong dan jumlah pengawas sekolah yang sangat minim.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, Andi Jefrianto Asapa mengungkapkan, seleksi calon Kasek telah dilakukan selama lima hari ini yang diikuti oleh peserta sebanyak 115 orang mulai dari guru tingkatan PAUD/TK hingga SMP dan calon pengawas diikuti 46 orang.

"Antusias guru mengikuti seleksi calon kepala sekolah dan calon pengawas ini cukup tinggi. Calon kepala sekolah mulai jenjang TK hingga SMP mencapai 115. Untuk calon pengawas ada 46 orang," sebutnya, Kamis (26/11/2020).

Berdasarkan informasi dari LPPKS Solo selaku pelaksana seleksi ada sekitar 66 persen dari jumlah Kepala Sekolah yang ikut seleksi dinyatakan memenuhi syarat yang tetapkan, sementara untuk calon Pengawas hingga saat ini masih dalam tahapan seleksi.

Adapun mekanisme seleksi calon Kepala Sekolah maupun calon Pengawas Sekolah meliputi seleksi pemberkasan, tes tertulis dan tes wawancara yang dilaksanakan secara virtual.

"Seleksi calon Kepala Sekolah sudah kita tuntaskan sedangkan calon Pengawas masih sementara berlangsung, dimana kemarin dilakukan pembekalan dan hari Jumat besok hingga hari Senin dilakukan tes tertulis dan wawancara," jelasnya.

Andi Jefriyanto menambahkan, jumlah sekolah tingkat SD sebanyak 12 sekolah, sedangkan untuk tingkat SMP sudah terpenuhi. Meski demikian seleksi ini dilakukan, karena diperkirakan dua atau tiga tahun ke depan banyak kepala sekolah di Sinjai yang memasuki masa pensiun, karena berdasarkan data yang ada rata-rata Kepala sekolah yang ada kelahiran tahun 1963.

"Sedangkan untuk pengawas di Sinjai memang sangat minim, dibanding jumlah sekolah yang ada," pungkasnya. (fan/ril)