Atensi Mendagri Tito Soal Program Tahun 2021, Ini Sasarannya

BONEPOS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menekankan, realisasi anggaran belanja dan program-program tahun 2020 harus tepat sasaran dan bermanfaat.

Maka dari itu, Mendagri menyampaikan beberapa pokok arahan kepada seluruh komponen Kemendagri pada acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2021 di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Kamis, (26/11/2020).

Mendagri menekankan untuk mempercepat realisasi anggaran tahun 2020 ada beberapa prioritas yang harus dikerjakan hingga akhir tahun, terutama berkaitan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dan sejumlah agenda politik lokal lainnya.

Mendagri Tito meminta kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) dan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Otda) membentuk tim ke 32 provinsi yang melaksanakan Pilkada untuk melakukan koordinasi di daerah dalam membantu mekanisme pemungutan suara dari semua jajaran mulai dari Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPUD) hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Tim ini masuk ke 32 provinsi untuk komunikasi dengan KPUD, briefing kepada KPPS, dan melihat kesiapan TPS secara sampling, sehingga kita akan mendapatkan laporan nanti, Minggu depan ketika sudah turun dari 32 provinsi,” ujarnya.

Kemudian Mendagri meminta kepada Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) juga membuat tim untuk memonitor, mengakomodir dan menyosialisasikan masyarakat terutama bagi daerah di atas 10.000 yang belum melakukan perekaman atau memiliki surat keterangan merekam.

Selanjutnya 1 2 3