Sejumlah Personel Brimob Bone Disanksi, Ini Pelanggarannya

BONEPOS.COM, BONE - Kedisiplinan merupakan napas utama bagi seluruh Personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel.

Tanpa didasari kedisiplinan, tentunya para pasukan elite Polri ini akan sulit mencapai kesuksesan dalam melaksanakan tugasnya.

Kedisiplinan inipun tidak hanya berupa disiplin dalam latihan dan disiplin dalam menjalankan tugas, melainkan disiplin dalam menjaga penampilan juga salah satu hal yang harus dimiliki Personel Brimob Tenribetta yang bermarkas di Kabupaten Bone ini.

Pada Senin (30/11/2020), Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menggelar apel pagi yang dilanjutkan dengan kegiatan pemeriksaan sikap tampang.

Pasi Provos Batalyon C Pelopor Iptu Kalvin Mustanu mengatakan, kegiatan pemeriksaan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Batalyon C Pelopor dalam rangka melaksanakan pembinaan terhadap anggota.

"Setiap awal atau akhir bulan kami memang rutin menggelar pemeriksaan kerapian personel. Dalam kegiatan ini kami juga melakukan pemeriksaan surat-surat dan kelengkapan kendaraan bermotor milik anggota," ujar Iptu Kalvin.

Dalam pemeriksaan ini didapati beberapa anggota yang kurang memperhatikan kerapian penampilan seperti memiliki cukuran rambut di luar aturan yang telah ditetapkan.

Bagi Personel yang memiliki penampilan yang kurang rapi, makan akan diberikan tindakan fisik seperti push up dan diberi teguran untuk segera merapikan.

Hal ini juga dibenarkan Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan.

Danyon C Pelopor berujar, kedisiplinan itu adalah modal utama yang harus dimiliki oleh setiap personel Batalyon C Pelopor utamanya dalam mewujudkan Bhakti Brimob Untuk Masyarakat.

"Disiplin adalah modal utama yang menentukan kesuksesan kami dalam menjalankan tugas mengimplementasikan Bhakti Brimob Untuk Masyarakat. Jadi disiplin itu harus diterapkan dari hal yang paling kecil seperti penampilan dan sikap tampang," ungkap Kompol Nur Ichsan.

“Dengan sikap tampang yang rapi dan baik, dapat meningkatkan kepercayaan diri bagi Personel dalam menjalankan tugas khususnya tugas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," tambah Komandan yang akrab dengan istilah Danyon Tindizzz ini.

Sementara itu, Komandan Satuan Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis menjelaskan, jika kerapian dalam berpenampilan bagi Anggota Satbrimob Polda Sulsel merupakan bukti utama kesiapannya dalam menjalankan tugas untuk mewujudkan Bhakti Brimob Untuk Masyarakat.

"Tentunya dengan sikap tampang yang rapi dan bersih, kita dapat mengetahui jika Personel ini telah siap menjalankan tugas yang akan dia hadapi. Jadi jika Personel tersebut belum atau kurang rapi berarti dia belum siap untuk bertugas," kunci Kombes Pol. Muhammad Anis. (ril)