Istri di Bone Dominasi Minta Cerai Selama Pandemi Covid-19, Ini Penyebabnya – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel Best Automated Bot Traffic

Istri di Bone Dominasi Minta Cerai Selama Pandemi Covid-19, Ini Penyebabnya

  • Bagikan

BONEPOS.COM, BONE – Selama masa pandemi Corona Virus Desiese 2019 (Covid-19) Maret hingga November 2020, Pengadilan Agama Watampone menerima laporan perkara pengajuan cerai gugat dari kaum perempuan sebanyak 866 perkara.

Sementara pengajuan cerai talak yang diterima Pengadilan Agama hanya 243 perkara, jika dibandingkan dari jumlah laporan yang masuk antara cerai talak dan cerai gugat ada 3 kali lipat.

Cerai talak adalah permohonan yang diajukan suami kepada pengadilan agama untuk memperoleh izin menjatuhkan talak kepada istri sementara cerai gugat adalah gugatan yang diajukan oleh istri terhadap suami.

Baca Juga  Siap-siap BPS Lakukan Sensus Online, Ini Jadwalnya

Itu artinya kebanyakan perempuan yang bermohon menggugat cerai ketimbang laki laki yang ingin menalak istrinya.

Panitera Muda Pengadilan Agama Watampone Jamaludin yang ditemui di ruangannya mengatakan, dari jumlah laporan yang masuk di Pengadilan Agama, cerai talak yang sudah diputuskan sebanyak 213 perkara sementara untuk cerai gugat sebanyak 782 perkara, itu mulai Maret hingga November 2020.

“Salah satu faktor banyaknya yang mengajukan cerai itu disebabkan oleh faktor perselisihan dan pertengkaran dalam rumah tangga, selain itu yang banyak juga disebabkan oleh faktor meninggalkan salah satu pihak,” beber Jamaludin, Kamis (3/12/2020).

Baca Juga  Perjuangan Berwisata di Malino; Rela Antre Berjam-jam hingga Diminta Putar Balik

Lanjut kata Jamal, untuk tahun 2020, jumlah faktor perselisihan dan pertengkaran yang menyebabkan terjadinya perceraian sebanyak 844 perkara sementara untuk faktor ditinggalkan oleh salah satu pihak sebanyak 231 perkara.

“Selain itu faktor yang banyak juga itu adalah KDRT yang jumlahnya 20 perkara dan faktor ekonomi 18 perkara sementara untuk faktor faktor lainnya itu hanya di bawah angka 10,” jelasnya. (her/ril)

  • Bagikan