Dana Desa Terus Bergulir, Sampai Kapan? – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Dana Desa Terus Bergulir, Sampai Kapan?

  • Bagikan

BONEPOS.COM, BANTAENG – Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur, Pemerintah membuat regulasi dengan menerbitkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Hal ini menjadi angin segar bagi masyarakat desa untuk menggiatkan pembangunan desa agar ketimpangan dengan kota menjadi lebih sempit.

Komitmen pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran diaktualisasikan dengan menganggarkan dalam APBNP pada tahun 2015 sebesar Rp20,7 triliun untuk dibagikan kepada 74.093 desa di seluruh Indonesia.

Sejak diterbitkannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2017 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112/PMK.07/2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2017 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa.

Baca Juga  Ketika Sensus Penduduk Dihadapkan pada Pandemi

Anggaran untuk Dana Desa yang digulirkan Pemerintah setiap tahun mulai 2015 sampai dengan 2020 semakin meningkat secara signifikan.

Jumlah Dana Desa yang diterima setiap kabupaten/kota tentunya bervariasi dengan memperhatikan serta mempertimbangkan jumlah penduduk, luas wilayah dan tingkat kesulitan geografis.

Selanjutnya dalam Pasal 72 Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dinyatakan bahwa Dana Desa merupakan salah satu dari beberapa sumber pendapatan desa.

  • Bagikan