Soal Distribusi Logistik dan APD, Komisi II DPR RI Tagih Kepastian KPU

BONEPOS.COM, JAKARTA - Komisi II DPR RI meminta KPU RI untuk memastikan kesiapan dan distribusi logistik pada hari pemilihan, terutama Alat Pelindung Diri (APD) guna menjamin keselamatan masyarakat dari penularan Covid-19.

Hal itu disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dipimpin Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia dengan KPU RI, Bawaslu RI, Dirjen Polpum, dan Dirjen Otonomi Daerah di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (7/12/2020).

Menanggapi hal itu, Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar sempat menceritakan pengalamannya selama 71 hari sebagai Penjabat sementara (Pjs.) Gubernur Kepulauan Riau.

Bahtiar mengungkapkan, berbagai upaya telah dilakukan untuk meyakinkan masyarakat bahwa Pilkada aman Covid-19, dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Sebenarnya ada tambahan untuk menguatkan dan meyakinkan masyarakat, kita sudah memerintahkan Dinas Kesehatan seluruh daerah siaga I. Jadi bukan hanya penyelenggara, (tapi) seluruh peralatan, SDM, dan dinas kesehatan baik provinsi maupun kabupaten/kota, termasuk relawan-relawan kesehatan yang tergabung dalam Satgas Covid-19 provinsi dan kabupaten/kota kita gerakkan untuk mendampingi penyelenggara," paparnya.

Selan itu, dirinya juga aktif mengecek kesiapan di lapangan dengan berkoordinasi dengan penyelenggara di daerah maupun aparat keamanan, TNI-Polri. Ia meyakini hal serupa juga dilakukan di daerah lain.

Selanjutnya 1 2