BONEPOS.COM, SINJAI – Dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh pada 9 Desember tahun 2020 ini, Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai akan menggelar lomba pidato untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Intelijen, Helmy Hidayat saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (8/12/2020).

Helmy menjelaskan, mengingat pada 9 Desember ini adalah peringata Hari Antikorupsi Sedunia, tetapi juga bertepatan dengan pelaksanaan Pilkada serentak secara nasional dan juga masa libur, maka dengan sendirinya kegiatan lomba pidato ini diundur ke Kamis (10/12/2020).

“Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai wujud pimpinan Kejari Sinjai beserta seluruh jajaran yang merupakan wujud pengabdian, ingin memeriahkan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia tahun ini, tetapi di tengah pandemi dan dengan inovasi yang mungkin belum pernah dilakukan yaitu dengan kegiatan lomba pidato bertemakan memupuk semangat dan jiwa antikorupsi khusus untuk usia dini,” tuturnya.

Momentum ini juga sekaligus bertujuan untuk inovasi sejauh mana pemahaman anak-anak sekolah khususnya siswa-siswi SMP di Kabupaten Sinjai tentang pembelajaran terkait korupsi dan bagaimana melakukan pencegahannya.

“Dalam kegiatan ini kita menggandeng pihak Dinas Pendidikan yang melakukan seleksi pesertanya yang mewakili setiap sekolah tingkat SMP,” ujarnya.

“Perlombaannya akan dilakukan lewat saluran aplikasi, meski demikian diharapkan semua peserta berkompetisi dengan samangat,” sambungnya.

Helmy menambahkan, kompetitornya kurang lebih 18 sekolah tingkat SMP sederajat dan pesertanya masing-masing perwakilan sekolah dua orang, satu laki-laki dan satu perempuan. (fan/ril)