Sentra IKM Pengolahan Hasil Perikanan di Sinjai Dilirik Dua Kementerian – Bonepos.com Best Automated Bot Traffic

Sentra IKM Pengolahan Hasil Perikanan di Sinjai Dilirik Dua Kementerian

  • Bagikan

BONEPOS.COM, SINJAI – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Perindustrian melakukan kunjungan kerja di Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Pengolahan Hasil Perikanan di Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Kamis (10/12/2020).

Kunjungan dua Kementerian RI ini dalam rangka meninjau kesiapan pemulihan dampak ekonomi Covid-19 dan pelaksanaan agenda kebijakan pemerintah dalam transformasi ekonomi khususnya pada pelaksanaan kegiatan yang menggunakan dana alokasi khusus (DAK).

Kunjungan kerja dua Kementerian tersebut disambut Sekretaris Daerah Sinjai Akbar Mukmin, Asisten Pembangunan dan Perekonomian Setdakab Andi Ilham Abubakar , Sekretaris Disperindag dan ESDM Sinjai Muh. Saleh dan Kepala OPD terkait.

Lusiana Tanjung dari Biro Perencanaan Kementerian Perindustrian RI mengemukakan, kedatangannya ke Kabupaten Sinjai untuk melihat sejauh mana operasional sentra IKM hasil pengolahan ikan yang sejak pembangunannya dari tahun 2017 hingga tahun 2019 menggunakan DAK.

Baca Juga  Bupati Basli Terima Kepala BPTD XIX Sulselbar, Berikut Poin Penting Dibahas

“Selama tiga tahun berturut-turut Sentra IKM ini mendapatkan dana DAK, dan mulai beroperasi sejak tahun 2019 sehingga hari ini kita datang untuk melihat sejauh mana aktivitas pelaku IKM di Sinjai, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, dan saya melihat cukup baik. Semoga ke depan lebih maju lagi dan pemasarannya bisa menjangkau hingga di luar daerah Sinjai,” ujarnya.

Lusiana berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai agar dapat lebih fokus pada pembinaan dan keberlangsungan para pelaku IKM yang ada di Sinjai.

Sementara itu Sekda Sinjai Akbar Mukmin menyambut baik adanya kunjungan ini dan berharap memberikan berkah bagi para pelaku IKM yang ada di Sinjai.

Baca Juga  Ketua DPD RI Minta Kalbar Tak Bergantung Listrik Pada Malaysia

“Dari kunjungan tadi, tim dari Bappenas dan Kemenperin merasa puas setelah melihat aktifitas pelaku IKM dan inilah implementasi dari visi dan misi Bupati Sinjai yang tentunya memberikan peluang pertumbuhan ekonomi dan lahirnya lapangan kerja di Sinjai,” ungkapnya.

Akbar menambahkan, selama pandemi Covid-19 pendapatan dari pelaku IKM di Sentra Industri tetap stabil, sebab produk yang dihasilkan menjadi penyuplai dalam bantuan sembako yang disalurkan oleh Pemkab Sinjai maupun program bantuan pangan non tunai.

Diketahui, rombongan dua Kementerian RI tersebut selain mengunjungi Sentra IKM Hasil Pengolahan Ikan di Lappa, juga melakukan kunjungan di Sentra IKM logam di Keluharan Alehanue, Kecamatan Sinjai Utara dan lokasi rencana pembangunan Sentra Industri Peternakan di Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai. (fan/ril)

Temukan Kami:
  • Bagikan