Seleksi Penerima Beasiswa Disdik Sinjai Berakhir, Segini Jumlah Peserta Lolos Verifikasi

  • Bagikan

BONEPOS.COM, SINJAI – Setelah melalui proses yang panjang, kini seleksi penerimaan program bantuan pendidikan dan beasiswa berprestasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai mengumumkan daftar calon penerima bantuan tersebut.

Pengumuman daftar calon penerima bantuan beasiswa yang merupakan salah satu program unggulan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dan Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong di bidang pendidikan dimulai pada Senin (7/12/2020).

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Muh Adli Arifin menyebutkan, dari 315 jumlah berkas pendaftar yang telah diverifikasi, 141 berkas diantaranya telah dinyatakan memenuhi syarat sesuai verifikasi faktual di tingkat kampus.

“Inilah yang kita umumkan melalui website resmi Dinas Pendidikan Sinjai kepada adik-adik mahasiswa yang telah mendaftar sebelumnya,” beber Adli kepada Boneposcom saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (11/12/2020).

Mereka yang memenuhi syarat dihadapkan dengan proses lainnya sebelum ditetapkan, yakni masa sanggah 10 hari.

“Jadi sekarang ini masih dalam tahap masa sanggah selama 10 hari sampai pekan depan, ditambah 3 hari jawaban atas sanggahan. Setelah itu baru dibuatkan rekomendasi untuk ditetapkan oleh Pak Bupati,” jelasnya.

Dengan demikian, hingga hari kelima pasca diumumkan pihak panitia belum menerima sanggahan. Namun demikian, Adli menegaskan jika proses seleksi bantuan ini dilakukan dengan transparan karena melibatkan unsur Pemerintah Daerah, Akademisi, dan Tokoh Masyarakat.

Disebutkan, jika kuota penerima bantuan bertambah dari rencana awal dari kuota 130 menjadi 141. Itu dikarenakan pendaftar jenjang strata tiga (S3) hanya delapan yang memenuhi syarat dari 10 kuota yang disiapkan.

“Kita geser ke kuota S1 dan S2 agar lebih banyak lagi adik-adik kita yang merasakan program unggulan ini,” ungkapnya.

Sebagai gambaran, pemberian bantuan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi tersebut diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) nomor 35 tahun 2020 perubahan dari Perbup nomor 33 tahun 2019.

“Adapun jumlah anggaran yang disiapkan sebesar Rp600 juta dari APBD Kabupaten Sinjai,” sebutnya. (fan/ril)

  • Bagikan