Dikukuhkan Bupati, Ini Tugas-tugas Komisi Informasi Bulukumba. – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

Dikukuhkan Bupati, Ini Tugas-tugas Komisi Informasi Bulukumba.

  • Bagikan

BONEPOS.COM, BULUKUMBA – Komisi Informasi Bulukumba dikukuhkan secara resmi oleh Bupati Bulukumba AM Sukri A Sappewali, Senin (14/12/2020).

Menurut pemaparannya, Komisi Informasi Kabupaten Bulukumba memiliki tiga fungsi. Pertama, Komisi Informasi adalah lembaga mandiri yang berfungsi menjalankan UU No. 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan peraturan pelaksanaannya. Kedua, adalah menetapkan petunjuk teknis standar layanan Informasi Publik, dan ketiga, menyelesaikan Sengketa Informasi Publik melalui mediasi dan/atau ajudikasi nonlitigasi.

AM Sukri menyampaikan, semua hal-hal yang berkaitan dengan tupoksi Komisi Informasi dibiayai anggaran pemerintah.

“Para komisioner dapat fokus bekerja sesuai tugas dan kemampuan masing-masing,” harapnya.

Baca Juga  Bupati Seto Kukuhkan 26 Pejabat Esalon II, Berikut Nama-Namanya

Selain itu, AM Sukri menambahkan, keterbukaan informasi adalah keharusan bukan sebuah pilihan untuk membangun Bulukumba yang dicintai.

“Selamat bertugas dan ingat sumpahmu untuk kepentingan bersama,” pintanya.

Dalam kesempatan tersebut lima komisioner yang dilantik menandatangani Kontrak Kerja selama mengemban amanah selama 4 tahun.

Kelima komisioner yang dilantik tersebut adalah A. Syafrul Patunru, Andi Abdul Karim, Rachmawati, Hasanuddin Salasa, dan Ahmad.

Kelima komisioner itu sepakat menunjuk A. Syafrul Patunru selaku Ketua Komisi Informasi Kabupaten Bulukumba.

Baca Juga  Menanti Tuah APSI Bone

Saat dikonfirmasi, Selasa (15/12/2020).

Wakil Ketua KI Bulukumba, Andi Abdul Karim menjelaskan, tugas KI adalah untuk menangani sengketa informasi dan mendorong lembaga publik yang transparan dalam implementasi kebijakannya.

Pria tambun itu membeberkan, di pekan pertama masa kerjanya ke lima komisioner akan melakukan konsolidasi internal organisasi. Dan, akan melakukan sosialisasi lembaga dan tugas pokok serta fungsinya di pemerintahan

“Kami akan berjuang mewujudkan hal tersebut. Tentunya kami akan segera menggelar rapat kerja dalam waktu dekat untuk menyusun rencana dan strategi kerjanya,” jelasnya. (kia/ril)

  • Bagikan