KPU Bulukumba Siap Ladeni Gugatan Askar-Arum Spink di MK – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

KPU Bulukumba Siap Ladeni Gugatan Askar-Arum Spink di MK

  • Bagikan
Foto: Anggota KPU Bulukumba Divisi Hukum dan Pengawasan, Syamsul

BONEPOS.COM, BULUKUMBA – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba Nomor Urut 2, Askar-Arum Spink menggugat hasil pemilihan ke Mahkamah Konstitusi.

Gugatan tersebut didaftarkan oleh kuasa hukumnya, Mappinawang, Kamis (17/12/2020).

Anggota KPU Bulukumba Divisi Hukum dan Pengawasan, Syamsul, yang dikonfirmasi terkait gugatan tersebut mengaku, menghormati upaya hukum yang dilakukan Askar-Pipink.

Menurutnya, pihaknya selama ini sudah berusaha maksimal menjalankan seluruh tahapan pemilihan sesuai regulasi yang berlaku.

“Kami sudah melihat melalui website MK, hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang sudah ditetapkan tanggal 15 kemarin digugat oleh Paslon Nomor Urut 2. Kami menghormati upaya hukum ke MK yang ditempuh Pak Haji Askar dan Kak Pipink,” tegas pria berkacamata itu, kepada Boneposcom, Jumat (18/12/2020).

Baca Juga  Aksi Danyon C Pelopor Tembak Sasaran di Bulukumba

Gugatan terhadap hasil pemilihan, lanjut Syamsul, memang sudah diatur dalam undang-undang yang mengatur tentang pemilihan bupati dan wakil bupati. Sehingga menurutnya, gugatan ke MK sudah menjadi hak bagi kontestan pemilihan yang tidak menerima hasil atau keputusan KPU.

Terkait kesiapan KPU Bulukumba menghadapi gugatan tersebut, Syamsul mengaku pihaknya tidak ada pilihan lain selain siap menghadapinya.

Pasca adanya permohonan gugatan ke MK, KPU Bulukumba akan mempersiapkan alat bukti termasuk pengacara yang akan mendampingi KPU bersidang di MK.

“Kalau ditanya tentang kesiapan, tentu secara kelembagaan harus siap menghadapi gugatan tersebut. Apa yang sudah kami tetapkan, sudah melalui proses berjenjang. Dan, Alhamdulillah, jumlah perolehan suara seluruh paslon tidak ada yang berubah. Jumlah di Sirekap sama dengan yang ditetapkan melalui rapat pleno, baik di kecamatan maupun di tingkat kabupaten,” paparnya.

Baca Juga  Semangat Demokrasi dan Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19

Hanya saja, alumni STIE Tri Dharma Nusantara ini, mengaku, pihaknya belum bisa terlalu jauh mengomentari gugatan tersebut. Karena pihaknya belum mengetahui secara detail materi gugatan yang dilayangkan pengacara Askar-Pipink.

Saat dicoba untuk melakukan konfirmasi melalui pesan WhatsApp, Arum Spink, wakil Paslon nomor 2 yang berjargon ASIK itu enggan membalas. Hingga berita ini diterbitkan. (kia/ril)

  • Bagikan