12 Atlet Sulsel Absen Tes Fisik Jelang PON Papua 2021 – Bonepos.com – Informasi Berita Terkini Sulsel

12 Atlet Sulsel Absen Tes Fisik Jelang PON Papua 2021

  • Bagikan

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Pelaksanaan tes fisik dan tes kesehatan, bagi ratusan atlet Sulsel terdaftar sebagai atlet PON XX Papua berakhir Minggu (20/12/2020) pukul 13.00 Wita.

Sejak pagi, atlet dari cabang olahraga perseorangan mulai berdatangan di Kantor KONI Provini Sulawesi Selatan, Jl. Sultan Hasanuddin No. 42 kota Makassar.

Mereka rela mengantre dan mendaftar dengan menerapkan protokol Covid-19 secara ketat dengan menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan.

Bagi atlet yang mendapat giliran menjalani test dalam ruangan kesehatan KONI Sulsel harus menjalani pengukuran suhu tubuh terlebih dahulu,
seperti test fisik dan kesehatan sehari sebelumnya.

Para atlet melalui tiga tahapan tes yang terpantau langsung oleh tim kesehatan KONI Sulsel yang terdiri dari dokter dan praktisi perawat.

Tes awal atlet menjalani indeks bahasa tubuh dengan mengukur tinggi badan, mengukur berat badan, dan mengukur tekanan darah yang harus sesuai dengan standar atlet professional.

Baca Juga  Ketat, KONI Sulsel Berlakukan Tes Fisik dan Rapid Test untuk Atlet dan Pelatih 

Usai menjalani tes indeks bahasa tubuh, atlet menjalani tes kedua yakni step 3 menit dengan mengukur detak jantung dan detak nadi, dimana atlet diwajibkan menjalani teknik pengaturan nafas dan teknik naik turun bangku dengan memasangkan alat pengukur nadi dan jantung elektronik.

Pada tahap terakhir, atlet menjalani test deteksi dan deformitas dengan pengukuran kemampuan organ vital seperti tungkai kaki, engsel, siku dan lutut saat atlet pada posisi berdiri dan posisi baring.

Dari hasil test fisik dihari terakhir ini, tercatat sekitar 98 atlet mengikuti test tersebut sementara di hari pertama tercatat 99 atlet yang menjalani tes. Totalnya 197 atlet.

Dari hasil tes ini dilaporkan 1 atlet dari cabor futsal tidak bisa mengikuti test fisik dan kesehatan tersebut karena mengalami cedera pada engsel kaki.

Baca Juga  Pejabat Bank Sulselbar Cabang Bulukumba Tersangka, Nginap di Makassar

Selain atlet futsal ini, 5 atlet karateka juga tidak bisa mengikuti test karena sedang menalani latihan di Pelatnas di provinsi Bali, 3 atlet tinju sedang menghadapi pertandingan dan 1 atlet masing-masing dari cabor muaythai, renang indah dan layar juga tidak sempat mengikuti tes ini. Totalnya, ada 12 atlet yang absen pada tes ini.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Provinsi Sulsel Prof DR Andi Ihsan mengungkapkan, atlet yang tidak sempat hadir melaksanakan tes fisik dan kesehatan masih dibuka peluang hingga Selasa depan.

“Masih dibuka kesempatan sampai hari Selasa, dan tim kesehatan akan stand bye di ruangan. Sementara atlet yang cedera kami serahkan penyelesaiannya ke cabang olahraga,” tegas guru besar Universitas Negeri Makassar ini. (ril)

  • Bagikan